Dampak Perubahan Organisasi terhadap Persepsi Pegawai Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Tawangmangu
Ulfa Fitriani, Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc, PhD; Dr. dr. Dwi Handono Sulistyo, M.Kes
2023 | Tesis | MAGISTER KEBIJAKAN DAN MANAJEMEN KESEHATAN
Latar belakang : Salah satu hal
yang penting dalam sebuah organisasi adalah perubahan. Perubahan adalah proses
yang berkelanjutan di setiap organisasi dengan harapan terjadi peningkatan kondisi
yang lebih baik dari sebelumnya seperti peningkatan suatu efektifitas. Balai
Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) merupakan
salah satu satuan kerja dibawah Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
(Badan Litbangkes) mengalami perubahan organisasi sejak diterbitkannya Permenkes
Nomor 26 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit di Lingkungan
Kemenkes, dimana pada Pasal 117 disebutkan bahwa dalam rangka efisiensi dan
efektivitas pelayanan, dilakukan pengintegrasian tugas dan fungsi, sumber daya
manusia, sarana dan prasarana serta anggaran terkait pelayanan kesehatan pada
B2P2TOOT di Tawangmangu ke dalam RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Ada
ketidakefektifan dan ketidakefisienan yang terjadi di B2P2TOOT seperti
pemanfaatan lahan kebun tanaman obat yang tidak optimal. Keberhasilan perubahan
organisasi bisa dilihat dari kesiapan individu yang ada didalamnya. Dengan
mengetahui persepsi para pegawai maka dapat diketahui sejauh mana kesiapan para
pegawai menuju perubahan.
Tujuan :
Mengeksplorasi persepsi pegawai B2P2TOOT terhadap perubahan organisasi
Metode : Desain
penelitian adalah kualitatif eksploratif. Pengumpulan data yang telah dilakukan
meliputi wawancara mendalam, focus group
discussion, observasi serta dokumentasi. Data penelitian
dilakukan analisis tema dengan bantuan software
opencode 4.03
Hasil dan Pembahasan : Persepsi
yang didapat dari pegawai berstatus ASN meliputi persepsi positif terhadap
perubahan pengaturan kerja terutama persepsi terhadap perubahan dari cost center menjadi revenue center serta persepsi positif terhadap dukungan organisasi
dan kesiapan individu. Sementara persepsi pegawai berstatus non ASN meliputi
persepsi negatif terhadap perubahan pengaturan kerja serta persepsi positif
terhadap dukungan organisasi dan kesiapan individu terhadap perubahan. Terjadi gap informasi berkaitan perubahan cost center menjadi revenue center antara pegawai ASN dengan pegawai non ASN. Persepsi
negatif memiliki multi faktor, seperti faktor pendidikan, faktor sarana
prasarana, faktor keluarga dan yang paling utama adalah faktor komunikasi.
Kesimpulan : Persepsi
pegawai ASN terhadap perubahan organisasi adalah persepsi positif utamanya
terhadap perubahan cost center
menjadi reveneu center dalam rangka
efisiensi dan efektivitas organisasi. Sementara, persepsi pegawai non ASN
terhadap perubahan organisasi dari cost
center menjadi revenue center
adalah persepsi negatif. Perlu kebijakan yang tepat untuk menindaklanjuti
temuan persepsi negatif pada pegawai non ASN.
Background: The one of
the important things in an organization is change. Change is a continuous
process in every organization with the hope of improving conditions that are
better than before such as increasing effectiveness. The Center for Research
and Development of Medicinal Plants and Traditional Medicines (B2P2TOOT) is one
of the work units under the Agency for Health Research and Development (Badan
Litbangkes) has undergone organizational changes since the issuance of
Permenkes Number 26 of 2022 concerning Organization and Work Procedures of
Hospitals within the Ministry of Health, where in Article 117 it is stated that
in the context of efficiency and effectiveness of services, tasks and
functions, human resources, facilities and infrastructure and budgets related
to health services at B2P2TOOT in Tawangmangu are integrated into Dr. Sardjito
Hospital Yogyakarta. There are ineffectiveness and inefficiency that occur in
B2P2TOOT such as the non-optimal utilization of medicinal plant garden land.
The success of organizational change can be seen from the readiness of the
individuals in it. By knowing the perceptions of employees, it can be seen how
far the readiness of employees towards change
Objective: Exploring
B2P2TOOT employees' perceptions of organizational change
Methods: The research
design was exploratory qualitative. Data collection included in-depth
interviews, focus group discussion, observation and documentation. The research
data was subjected to theme analysis with the help of opencode 4.03 software.
Results and
discussion: Perceptions obtained from ASN status
employees include positive perceptions of changes in work arrangements,
especially perceptions of changes from cost centers to revenue centers and
positive perceptions of organizational support and individual readiness. While
the perceptions of employees with non-ASN status include negative perceptions
of changes in work arrangements and positive perceptions of organizational
support and individual readiness for change. There is an information gap
regarding the change from cost center to revenue center between ASN employees
and non-ASN employees. Negative perceptions have multiple factors, such as
educational factors, infrastructure factors, family factors and most
importantly communication factors. Conclusion: The perception of ASN employees towards organizational
change is a positive perception, especially towards changes in cost centers to
reveneu centers in the context of organizational efficiency and effectiveness.
Meanwhile, the perception of non-ASN employees towards organizational changes
from cost centers to revenue centers is negative. Appropriate policies are
needed to follow up on the findings of negative perceptions of non-ASN
employees.
Kata Kunci : Persepsi pegawai, perubahan organisasi, efisiensi, efektivitas