PENGARUH PEMENUHAN KEBUTUHAN IDEALITAS, KETERKAITAN, DAN KOMPETENSI PENGIKUT PADA PEMENGARUH (SEBUAH STUDI PADA PEMENGARUH DI MEDIA SOSIAL)
David Ajie Pratama, Dr. Sahid Susilo Nugroho, M.,Sc.
2023 | Tesis | S2 Manajemen
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh pemenuhan kebutuhan idealitas, keterkaitan, dan kompetensi pada keterlekatan pada pengikut pemengaruh di media sosial instagram. Model penelitian ini terdiri dari variabel inspirasi, estetika visual, kesenangan, kesamaan, informatif, keahlian, pemenuhan kebutuhan idealitas, pemenuhan kebutuhan keterkaitan, pemenuhan kebutuhan kompetensi, keterlekatan, dan transfer keterlekatan. Metore pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penlitian ini adalah 233 responden. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui daring dengan kriteria responden sudah mengikuti pemengaruh dan sudah atau belum melakukan pembelian produk yang direkomendasikan oleh pemengaruh.
Metode analisis menggunakan SEM Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menemukan bahwa inspirasi dan estetika visual berpengaruh positif terhadap pemenuhan kebutuhan idealitas, kesenangan dan kesamaan berpengaruh positif terhadap pemenuhan kebutuhan keterkaitan, informatif dan keahlian berpengaruh positif terhadap pemenuhan kebutuhan kompetensi, pemenuhan kebutuhan idealitas, keterkaitan dan kompetensi berpengaruh positif terhadap keterlekatan, dan keterlekatan berpengaruh positif terhadap transfer keterlekatan
This research aimed to examine the effect of ideality, relatedness, and competence needs fulfillment on attachment on influencer followers on social media instagram. This research model consists of the variables inspiration, visual aesthetics, enjoyability, similarity, informativeness, expertise, ideality needs fulfillment, relatedness needs fulfillment, competence needs fulfillment, attachment, and attachment transfer. The sampling method uses non-probability sampling with a purposive sampling technique. The sample used in this research was 233 respondents. Research data collection techniques use questionnaires distributed online with the criteria of respondents having followed the influencer and whether or not they have purchased the product that recommended by the influencer.
The analytical method uses Partial Least Square (PLS) SEM. The results of this study found that inspiration and visual aesthetics had a positive effect on fulfilling the needs of ideality, enjoyability and similarity had a positive effect on fulfilling the needs of relatedness, informative and expertise had a positive effect on fulfilling the needs of competence, the needs of ideality, relatedness and competence fulfillment had a positive effect on attachment, and attachment had a positive effect on attachment transfer
Kata Kunci : Ideality needs fulfillment, Relatedness needs fulfillment, Competence needs fulfillment, Attachment