Analisis desain model bisnis anak perusahaan distribusi produk makanan dan minuman pada pengembangan ekosistem PT. Cipta Citarasa Indonesia
Evan Caesario Tedjososrokuntjoro, Dr. C. Budi Santoso, S.E. M.Bus.
2023 | Tesis | S2 Manajemen
Tingginya potensi pemberdayaan UKM pangan di
Indonesia mengalami tantangan yang serius untuk dapat melangkah lebih maju
untuk berhasil ke level selanjutnya. Tantangan ini berasal baik secara internal
mengenai kesesuaian produk, pengelolaan keuangan, managemen bisnis, legalitas maupun
eksternal ketidakpastian pasokan, persaingan produk hingga kekuatan dalam
mendistribusikan produk. Dengan adanya potensi dan tantangan ini, PT
Cipta Citarasa Indonesia hadir dalam membentuk suatu ekosistem yang mengakomodasi
kebutuhan peningkatan kompetensi UKM pangan indonesia secara internal melalui
kegiatan Food Startup Indonesia dan Ultra.id sebagai pertner pengembangan
internal perusahaan UKM. Akan tetapi dalam melakukan penetrasi produk UKM ke pasar
nasional, kriteria dan kapabilitas perusahaan dalam melakukan distribusi produk
perlu di penuhi. Oleh karenanya dalam meningkatkan
keunggulan kompetitif ekosistem PT. Cipta Citarasa Indonesia, diperlukan anak
perusahaan distribusi yang mampu mengakomodasi kebutuhan pelaku UKM dalam
menghadapi tantangan eksternal tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk analisis faktor lingkungan eksternal dan internal persuahaan PT. Cipta Citarasa Indonesia menggunakan environment scan canvas, SWOT dan penyusununan bisnis model anak perusahaan distribusi menggunakan Platform Model bisnis kanvas. Berdasarkan hasil analisa, kualitas produk dan kemudahan akses distribusi menjadi faktor utama. Maka strategi design model bisnis yang direkomendasikan yaitu best cost provider yang diperkuat melalui strategic alliance and partnership. Strategi ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada UKM pangan secara lebih menyeluruh dengan berkolaborasi kepada partner strategis dalam pengembangan distribusi dengan harga yang lebih terjangkau.
The high potential
for empowering food SMEs in Indonesia is experiencing serious challenges to be
able to move forward to succeed at the next level. This challenge originates
both internally regarding product suitability, financial management, business
management, legality and externally uncertainty in supply, product competition
to strength in product distribution. With these potentials and challenges, PT
Cipta Citarasa Indonesia is present in forming an ecosystem that accommodates
the needs of increasing the competence of Indonesian food SMEs internally
through Food Startup Indonesia and Ultra.id activities as partners in the
internal development of SME companies. However, in penetrating SME products
into the national market, the company's criteria, and capabilities in
distributing products need to be met. Therefore in increasing the competitive
advantage of the ecosystem of PT. Cipta Citarasa Indonesia, a distribution
subsidiary is needed that is able to accommodate the needs of SMEs in facing
these external challenges.
This study aims to analyse the external and internal environmental factors of PT. Cipta Citarasa Indonesia uses the environment scan canvas, SWOT and the formulation of the distribution subsidiary business model uses the Canvas business model platform. Based on the results of the analysis, product quality and ease of distribution access are the main factors. So the recommended business model design strategy is the best cost provider which is strengthened through strategic alliances and partnerships. This strategy aims to provide better service to food SMEs as a whole by collaborating with strategic partners in developing distribution at more affordable prices.
Kata Kunci : Platform Business Model Canvas, SWOT, Environment Scan Canvas, business ecosystem, strategic alliance.