Analisis Strategi Peningkatan Kompetensi Staff Pengelola Dokumen (Studi Kasus Pada Records Center UPT Balai Yasa Yogyakarta)
Fauzan Dwi Rizki Juniantara, Indah Novita Sari, S.IIP, M.A.
2023 | Tugas Akhir | D4 Pengelolaan Arsip Rekaman Informasi
Proyek Akhir ini membahas tentang Staff Pengelola Dokumen sebagai Sumber Daya Manusia Kearsipan di UPT Balai Yasa Yogyakarta. Staff Pengelola Dokumen yang belum memiliki seluruh cakupan kompetensi bidang kearsipan mengalami beberapa kendala dalam pelaksanaan pengelola arsip dan dokumen, salah satunya pada kegiatan penyusutan arsip. Tujuan dari Proyek Akhir ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi dan kebijakan yang dapat diterapkan kepada Staff Pengelola Dokumen untuk meningkatkan kompetensi bidang kearsipan.
Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Untuk mengumpulkan data penelitian teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi partisipatif, wawancara, dan studi pustaka. Observasi partisipatif dilakukan dengan melakukan pengamatan secara langsung dengan mengikuti kegiatan pengelolaan arsip di instansi. Wawancara dilakukan dengan tiga narasumber yaitu meliputi Staff Pengelola Dokumen, Supervisor Dokumen, dan Manajer Keuangan, SDM, Teknologi Informasi.
UPT Balai Yasa Yogyakarta memiliki dua orang Staff Pengelola yang memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing yaitu dalam pengelolaan arsip dinamis aktif, dan arsip dinamis inaktif. UPT Balai Yasa Yogyakarta menerapkan strategi dan kebijakan berupa pelatihan berupa diklat, pembagian tugas, dan detasering pegawai. Meskipun demikian, hal tersebut dirasa masih kurang untuk dapat meningkatkan kompetensi Staff Pengelola Dokumen. Dengan demikian, perlu adanya strategi dan kebijakan lebih lanjut dalam meningkatkan kompetensi Staff Pengelola Dokumen melalui perencanaan sertifikasi bidang kearsipan, pelaksanaan studi banding, penetapan kompetensi khusus Staff Pengelola Dokumen, kerjasama lembaga pendidikan, serta pemberian penghargaan.
Kata Kunci : Staff Pengelola Dokumen, Kompetensi, Strategi dan Kebijakan