Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI PT KIMIA FARMA DIAGNOSTIKA DALAM PERSAINGAN INDUSTRI JARINGAN KLINIK KESEHATAN

DANDIKO GALANOVA, Prof. Amin Wibowo, S.E., M.B.A., Ph.D., ; Dr. Dra. Diah Retno Wulandaru, MBA., ; Dr. Willy Abdillah, M.Sc.

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi persaingan PT Kimia Farma Diagnostika menggunakan kerangka analisis Generic Porter. Penelitian ini juga menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi persaingan jaringan klinik kesehatan PT Kimia Farma Diagnostika dengan kerangka analisis PESTEL. Selanjutnya, penelitian ini menyusun rekomendasi strategi persaingan jaringan klinik PT Kimia Farma Diagnostika menggunakan analisis SWOT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara mendalam terhadap pihak-pihak pengambil keputusan PT Kimia Farma Diagnostika. Penelitian ini menemukan strategi bersaing harga terendah, diferensiasi, fokus harga terendah dan fokus diferensiasi digunakan oleh PT Kimia Farma Diagnostika sesuai dengan kondisi pasar pada masing-masing daerah dan tipe pelanggan. Faktor-faktor yang berpengaruh kuat terhadap persaingan PT Kimia Farma Diagnostika diantaranya ialah faktor politik, sosial, dan hukum. Penelitian ini merekomendasikan strategi perluasan pasar agar dapat mencakup seluruh kebutuhan jaringan klinik di Indoensia dan peningkatan kualitas sistem informasi untuk mendukung efektivitas dan efisiensi operasi.

This study aims to analyze the competitive strategy of PT Kimia Farma Diagnostika uses the Generic Porter analysis framework. This study also analyzes the factors that influence the competition in the health clinic network of PT Kimia Farma Diagnostika with the PESTEL analysis framework. Furthermore, this research compiles recommendations on the competitive strategy of PT Kimia Farma Diagnostika uses SWOT analysis. The method used in this research is descriptive qualitative. The data in this study were obtained from in-depth interviews with PT Kimia Farma Diagnostika. This research found the strategy of lowest price competition, differentiation, lowest price focus and differentiation focus used by PT Kimia Farma Diagnostika according to market conditions in each region and types of customers. Factors that have a strong influence on the competition of PT Kimia Farma Diagnostika includes political, social, and legal factors. This study recommends a market expansion strategy so that it can cover all the needs of the clinical network in Indonesia and improve the quality of information systems to support operational effectiveness and efficiency.

Kata Kunci : Generic porter, jaringan klinik, Kimia Farma Diagnostika, PESTEL, strategi persaingan, SWOT, clinic network, competitive strategy

  1. S2-2023-465015-abstract.pdf  
  2. S2-2023-465015-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-465015-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-465015-title.pdf