Laporkan Masalah

Implementasi Balanced Scorecard dalam Analisis Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan: Kasus pada Rumah Sakit Umum AISS Wonosobo, Jawa Tengah

Mutiara Salsabila, Ertambang Nahartyo, Dr., M.Sc., CMA., Ak., CA.,

2023 | Skripsi | AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk menilai sistem pengukuran kinerja Rumah Sakit Umum AISS dengan implementasi Balanced Scorecard. Penelitian ini juga bertujuan untuk menggambarkan sistem pengukuran kinerja RSU AISS dengan menggunakan peta strategi setelah disesuaikan dengan kerangka Balanced Scorecard. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan berupa data primer yang dikumpulkan melalui proses wawancara dan observasi langsung serta data sekunder yang dikumpulkan melalui proses dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengukuran kinerja RSU AISS belum bisa mengukur kinerja secara objektif karena tidak ada tolok ukur yang jelas. Masih terdapat beberapa ukuran dan target yang perlu dilengkapi dan disesuaikan dengan prinsip Balanced Scorecard dan Peraturan Kementerian Kesehatan. Selain itu, Indikator Nasional Mutu (INM) tampaknya tidak cukup digunakan sebagai satu-satunya sistem pengukuran kinerja rumah sakit karena beberapa indikator di luar INM menjadi fokus perbaikan oleh RSU AISS. Peta strategi disajikan untuk melihat perbaikan yang dapat dilakukan terhadap sistem pengukuran kinerjanya berdasarkan prinsip Balanced Scorecard. Peneliti mengelompokkan tujuan perspektif keuangan, proses internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran berdasarkan Konsep Balanced Scorecard oleh Atkinson dkk (2012) dan menambahkan inisiatif untuk menegaskan hubungan sebab-akibat antar perspektif.

This study aims to assess the performance measurement system of AISS General Hospital with the implementation of the Balanced Scorecard. This study also describes the performance measurement system of AISS General Hospital using a strategy map after adjusting it to the Balanced Scorecard framework. This research is qualitative research using a case study approach. The data used are primary data collected through interviews and direct observation and secondary data collected through the documentation process. The results of this study indicate that the performance measurement system of AISS General Hospital has not been able to measure performance objectively because there are no clear benchmarks. There are still quite several measures and targets that need to be completed and readjusted to the principles of the Balanced Scorecard and several Regulations of the Ministry of Health. In addition, the National Quality Indicators (INM) seem insufficient to be used as the only hospital performance measurement system because many indicators outside the INM are the focus of improvement by AISS Hospital. Strategy maps are presented to see improvements that can be made to its performance measurement system based on the Balanced Scorecard principle. The researcher grouped the objectives of the financial perspective, growth and learning, and internal processes based on the Balanced Scorecard Concept by Atkinson et al. (2012) and added several initiatives to state the causal relationship between perspectives.

Kata Kunci : Balanced Scorecard, Sistem Pengukuran Kinerja, Studi Kasus, Rumah Sakit Umum, Strategy Map, Benchmark

  1. S1-2023-444756-abstract.pdf  
  2. S1-2023-444756-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-444756-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-444756-title.pdf