Laporkan Masalah

Seksualitas Remaja Perempuan dalam Film À ma sœur (2001) Karya Catherine Breillat

Annisa Adawiyah Aqilah, Dr. Wulan Tri Astuti, M.A.

2023 | Skripsi | SASTRA PERANCIS

Seksualitas adalah bagian kompleks dari proses perkembangan remaja yang tidak terbatas pada proses biologis namun juga tentang emosi, aspek diri, dan hubungan interpersonal. Namun, masyarakat sering kali hanya berfokus pada aspek perilaku seksual dan risiko-risikonya saja. Kontradiksi antara perspektif normatif terhadap seksualitas dan miskonsepsi masyarakat ditemukan dalam film karya Catherine Breillat yang berjudul À ma sœur! (2001). Adegan-adegan hubungan seksual dalam film ini menjadi sorotan publik dan menciptakan perdebatan tentang seksualitas remaja. Namun, jika dilihat lebih dalam, film ini juga menunjukkan aspek seksualitas remaja secara lebih luas, mencakup tentang proses pencarian jati diri dan seksualitas dari Elena dan Anaïs. Selain itu, film ini juga memuat respons yang keluarga dan lingkungan sekitar terhadap seksualitas remaja yang dapat memengaruhi pandangan kedua remaja tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan meneliti bentuk-bentuk seksualitas remaja yang direpresentasikan dalam film À ma sœur! dan respons dari keluarga dan masyarakat dalam film ini terhadap seksualitas remaja. Data-data yang berhubungan dengan seksualitas remaja dalam film ini akan dikaji menggunakan teori semiotika yang dicetuskankan oleh Roland Barthes (1964) untuk melihat makna denotasi dan konotasi di dalamnya. Penelitian ini menunjukkan penggambaran seksualitas remaja dalam film dari karakter Anaïs dan Elena mencerminkan seksualitas remaja yang normatif dan mencakup berbagai unsur yang luas. Citra tubuh, eksplorasi diri, agensi, dan subjektivitas seksual menjadi beberapa bagian dari seksualitas remaja yang direpresentasikan dari karakter-karakter ini. Respons yang diberikan dari Ayah, Ibu, dan Fernando juga menunjukkan tanggapan beragam terhadap seksualitas remaja. Reaksi-reaksi tersebut kemudian berdampak terhadap bagaimana seksualitas remaja disosialisasikan.

Sexuality is a complex part of the adolescent developmental process that is not limited to biological processes but also about emotions, aspects of self, and interpersonal relationships. However, society often focuses only on the aspect of sexual behavior and its risks. The contradiction between normative perspectives on sexuality and society's misconceptions is found in Catherine Breillat's  À ma sœur! (2001). The scenes of sexual intercourse in this movie have been in the public spotlight and created a debate about teenage sexuality. However, if we look deeper, this movie also shows the broader aspects of teenage sexuality, including the process of self-discovery and sexuality of Elena and Anaïs. In addition, the movie also contains family and society responses to teenage sexuality that can influence the views of the two teenagers. The purpose of this research is to examine the representation of teenage sexuality represented in the film  À ma sœur! and the response of the family and society in this film towards teenage sexuality. The data related to teenage sexuality in this film will be studied using the semiotic theory originated by Roland Barthes (1964) to see the denotation and connotation meanings in it. This research shows that the depiction of teenage sexuality in the film from the characters of Anaïs and Elena reflects the normative aspect of teenage sexuality and includes a wide range of elements. Body image, self-exploration, agency, and sexual subjectivity are some of the parts of adolescent sexuality represented by these characters. The responses given from Father, Mother, and Fernando also show diverse responses to teenage sexuality. These reactions then have an impact on how adolescent sexuality is socialized.

Kata Kunci : seksualitas, remaja perempuan, semiotika

  1. S1-2023-443459-abstract.pdf  
  2. S1-2023-443459-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-443459-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-443459-title.pdf