Laporkan Masalah

Analisis strategi positioning pt. Mitra transaksi indonesia (yokke!) di bisnis payment gateway dalam upaya menghadapi era digital

Desiree Isaac Jacub, Rangga Almahendra, Dr., S.T., M.M.

2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Berjalannya suatu perusahaan akan membutuhkan strategi positioning perusahaan. 

Secara umum positioning perusahaan memiliki fungsi untuk membantu perusahaan untuk

menyampaikan produk atau jasa seperti apa yang perusahaan tawarkan. Strategi positioning

perusahaan akan semakin penting fungsinya apabila perusahaan memiliki pesaing yang

mulai bermunculan di dalam pasar sehingga memaksa perusahaan untuk bergerak secara

efektif dan efisien. Penentuan strategi positioning akan menjadi rumit apabila perusahaan

memiliki lini bisnis yang beragam seperti pada perusahaan PT. Mitra Transaksi Indonesia

(Yokke!).

PT. Mitra Transaksi Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang

payment gateway dimana perusahaan ini sudah beroperasi selama 6 tahun dalam

menawarkan produk berupa EDC multichannel dan kemudian menawarkan jasa serta produk

baru berupa produk digital sehingga strategi positioning perusahaan menjadi sangat perlu

diketahui. Ditambah dengan semakin banyaknya pesaing di bidang yang serupa, strategi

positioning akan membantu memberikan arahan yang tepat guna mengungguli persaingan di

pasar. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strategi positioning bagi PT. Mitra

Transaksi Indonesia menggunakan metoda deskriptif kualitatif dengan melakukan

wawancara dengan anggota organisasi dari PT. Mitra Transaksi Indonesia dan menyebarkan

kuesioner untuk perhitungan SPACE Matrix. Kuesioner ini akan membantu dalam

pengumpulan data faktor internal dan faktor eksternal perusahaan dimana akan berfungsi

sebagai penentu kekuatan finansial, keunggulan kompetitif, stabilitas lingkungan dan

kekuatan industri dari PT. Mitra Transaksi Indonesia. Bagaimana langkah-langkah PT. Mitra

Transaksi Indonesia untuk memastikan positioning terpilih dapat terlaksana dengan baik

akan dianalisis menggunakan Porter’s Generic Competitve Strategies dan Porter’s Value

Chain Analysis. Hasil dari penelitian diharapkan dapat membantu PT. Mitra Transaksi

Indonesia dapat lebih baik dan berkembang di masa yang akan datang dalam bentuk

pernyataan dan rekomendasi untuk strategi positioning perusahaan.  

Companies that are currently running will definitely need a company positioning 

strategy. In general, company positioning has a function to help companies to convey

products or services the company offers to consumers. The company's positioning strategy

will have an increasingly important function if the company has competitors that are starting

to appear in the market, forcing the company to move more effectively and efficiently.

Determining the positioning strategy will be complicated if the company has various

business lines such as PT. Mitra Transaksi Indonesia (Yokke!).

PT. Mitra Transaksi Indonesia is a company engaged in the field of payment gateway

where this company has been operating for 6 years in offering products in the form of

multichannel EDC and then offering services and new products in the form of digital

products so that the company's positioning strategy really needs to be known. With the

increasing number of competitors in a similar field, a positioning strategy will help provide

the right direction to outperform the competition in the market.

This study aims to determine the positioning strategy analysis for PT. Mitra Transaksi

Indonesia uses a qualitative descriptive method by conducting interviews with

organizational members from PT. Mitra Transaksi Indonesia and distributing questionnaires

for SPACE Matrix calculations. This questionnaire will assist in collecting data on internal

factors and external factors of the company which will serve as a determinant of financial

strength, competitive advantage, environmental stability and industrial strength of PT. Mitra

Transaksi Indonesia. PT. Mitra Transaksi Indonesia need to determine the steps to ensure

that the selected positioning can be properly implemented and will then be analyzed using

Porter's Generic Competitive Strategies and Porter's Value Chain Analysis. The results of

the research are expected to help PT. Mitra Transaksi Indonesia to be better and develop in

the future in the form of statements and recommendations for the company's positioning

strategy.  

Kata Kunci : Strategy Positioning, SPACE Matrix, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Porter’s Generic Competitve Strategies, Porter’s Value Chain Analysis

  1. S2-2023-471103-abstract.pdf  
  2. S2-2023-471103-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-471103-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-471103-title.pdf