Analisis strategi positioning pt. Mitra transaksi indonesia (yokke!) di bisnis payment gateway dalam upaya menghadapi era digital
Desiree Isaac Jacub, Rangga Almahendra, Dr., S.T., M.M.
2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Berjalannya suatu perusahaan akan membutuhkan strategi positioning perusahaan.
Secara umum positioning perusahaan memiliki fungsi untuk membantu perusahaan untuk
menyampaikan produk atau jasa seperti apa yang perusahaan tawarkan. Strategi positioning
perusahaan akan semakin penting fungsinya apabila perusahaan memiliki pesaing yang
mulai bermunculan di dalam pasar sehingga memaksa perusahaan untuk bergerak secara
efektif dan efisien. Penentuan strategi positioning akan menjadi rumit apabila perusahaan
memiliki lini bisnis yang beragam seperti pada perusahaan PT. Mitra Transaksi Indonesia
(Yokke!).
PT. Mitra Transaksi Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang
payment gateway dimana perusahaan ini sudah beroperasi selama 6 tahun dalam
menawarkan produk berupa EDC multichannel dan kemudian menawarkan jasa serta produk
baru berupa produk digital sehingga strategi positioning perusahaan menjadi sangat perlu
diketahui. Ditambah dengan semakin banyaknya pesaing di bidang yang serupa, strategi
positioning akan membantu memberikan arahan yang tepat guna mengungguli persaingan di
pasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strategi positioning bagi PT. Mitra
Transaksi Indonesia menggunakan metoda deskriptif kualitatif dengan melakukan
wawancara dengan anggota organisasi dari PT. Mitra Transaksi Indonesia dan menyebarkan
kuesioner untuk perhitungan SPACE Matrix. Kuesioner ini akan membantu dalam
pengumpulan data faktor internal dan faktor eksternal perusahaan dimana akan berfungsi
sebagai penentu kekuatan finansial, keunggulan kompetitif, stabilitas lingkungan dan
kekuatan industri dari PT. Mitra Transaksi Indonesia. Bagaimana langkah-langkah PT. Mitra
Transaksi Indonesia untuk memastikan positioning terpilih dapat terlaksana dengan baik
akan dianalisis menggunakan Porter’s Generic Competitve Strategies dan Porter’s Value
Chain Analysis. Hasil dari penelitian diharapkan dapat membantu PT. Mitra Transaksi
Indonesia dapat lebih baik dan berkembang di masa yang akan datang dalam bentuk
pernyataan dan rekomendasi untuk strategi positioning perusahaan.
Companies that are currently running will definitely need a company positioning
strategy. In general, company positioning has a function to help companies to convey
products or services the company offers to consumers. The company's positioning strategy
will have an increasingly important function if the company has competitors that are starting
to appear in the market, forcing the company to move more effectively and efficiently.
Determining the positioning strategy will be complicated if the company has various
business lines such as PT. Mitra Transaksi Indonesia (Yokke!).
PT. Mitra Transaksi Indonesia is a company engaged in the field of payment gateway
where this company has been operating for 6 years in offering products in the form of
multichannel EDC and then offering services and new products in the form of digital
products so that the company's positioning strategy really needs to be known. With the
increasing number of competitors in a similar field, a positioning strategy will help provide
the right direction to outperform the competition in the market.
This study aims to determine the positioning strategy analysis for PT. Mitra Transaksi
Indonesia uses a qualitative descriptive method by conducting interviews with
organizational members from PT. Mitra Transaksi Indonesia and distributing questionnaires
for SPACE Matrix calculations. This questionnaire will assist in collecting data on internal
factors and external factors of the company which will serve as a determinant of financial
strength, competitive advantage, environmental stability and industrial strength of PT. Mitra
Transaksi Indonesia. PT. Mitra Transaksi Indonesia need to determine the steps to ensure
that the selected positioning can be properly implemented and will then be analyzed using
Porter's Generic Competitive Strategies and Porter's Value Chain Analysis. The results of
the research are expected to help PT. Mitra Transaksi Indonesia to be better and develop in
the future in the form of statements and recommendations for the company's positioning
strategy.
Kata Kunci : Strategy Positioning, SPACE Matrix, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Porter’s Generic Competitve Strategies, Porter’s Value Chain Analysis