ADVOKASI MEREK DAN UPAYA PENJUALAN PRODUK STORAGE HPE PADA TENAGA PENJUAL EKSTERNAL
PRADITA CHANDRA KURNIAWAN, Sari Winahjoe Siswomihardjo, Dr., MBA.,
2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Kebutuhan penyimpanan data yang semakin
meningkat memberikan peluang pertumbuhan industri storage. IDC
memperkirakan pada tahun 2025, total volume data global akan mencapai 163 zettabyte.
Hewlett Packard Enterprise (HPE) sebagai produsen storage di Indonesia
mengandalkan tenaga penjual eksternal seperti distributor dan partner
untuk memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengaruh identifikasi merek oleh tenaga penjual eksternal terhadap advokasi
merek dan upaya penjualan, dengan mempertimbangkan perwakilan dan karakteristik
produsen. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan 117 responden
tenaga penjual eksternal yang dapat menjual storage HPE. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa reputasi, kompetensi, dan keahlian produsen
tidak berpengaruh signifikan pada identifikasi merek, sementara komunikasi
produsen, kualitas merek, dan interaksi perwakilan produsen memiliki pengaruh
positif yang signifikan. Selain itu, identifikasi merek berpengaruh pada
advokasi merek dan upaya penjualan karena adanya keterikatan emosional tenaga
penjual terhadap merek storage HPE. Penelitian ini memberikan wawasan
baru dalam pemasaran mengenai advokasi dan upaya penjualan oleh tenaga penjual
eksternal dengan implikasi teoretis serta kontribusi bagi HPE dan pelaku bisnis
industri penjualan storage di Indonesia.
The increasing demand for data storage presents
growth opportunities for the storage industry. According to IDC, the total
global data volume is projected to reach 163 zettabytes by 2025. Hewlett
Packard Enterprise (HPE), as a storage manufacturer in Indonesia, relies on
external sales personnel such as distributors
and partners to market its products. This study aims to analyze the influence
of brand identification by external sales personnel on brand advocacy and sales efforts,
considering the representation and characteristics of the manufacturer.
Employing a quantitative approach, the study involves 117 respondents of
external sales personnel who are capable of
selling HPE storage. The results indicate that the reputation, competence, and
expertise of the manufacturer do not significantly affect brand identification,
while the manufacturer's communication, brand quality, and representative
interaction have a significant positive influence. Moreover, brand
identification significantly impacts brand advocacy and sales efforts due to
the emotional attachment of sales personnel to the HPE storage brand. This
research provides new insights into the marketing of brand advocacy and sales
efforts by external saleperson, with theoretical implications and contributions
to HPE and businesses in the storage industry in Indonesia.
Kata Kunci : storage, HPE, tenaga penjual eksternal, identifikasi merek, advokasi merek, upaya penjualan