Analisis Keselarasan Bisnis Strategi Dengan Operasional (Operasi dan Pemeliharaan) PT. XYZ
Michael Pantun Octofery Manalu, Willy Abdillah, Dr., M.Sc
2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
PT. XYZ merupakan salah satu
pembangkit swasta (IPP) yang berada di Indonesia. Perusahaan telah berhasil
melakukan komersial operasional pada tahun 2017 dengan memasok listrik ke pelanggan
utama, yaitu PLN. Salah satu objektif perusahaan yang dinilai yaitu kualitas
operasional tidak dapat terpenuhi pada tahun 2020-2022. Nilai availability,
EFOR, heat rate dan konsumsi daya yang menjadi bagian pengukuran
objektif kualitas perusahaan tidak mencapai target. Pencapaian nilai availability
dan EFOR ini akan mempengaruhi finansial dan kepuasan pelanggan. Melalui
riset kualitatif dilakukan untuk menggali informasi penyebab dengan melihat
proses internal perusahaan.
Hasil penelitian melalui wawancara
terhadap manajemen puncak dan pengukuran menggunakan balance scorecard memperlihatkan
strategi bisnis melalui departemen operasi dan pemeliharaan tidak terpenuhi.
Strategi operasi untuk menjaga agar unit tidak trip, konsumsi pemakaian
daya menjadi salah satu penyebab tidak tercapainya availability. Di sisi
lain pada departemen pemeliharaan target rasio untuk tindakan preventif
terhadap korektif tidak tercapai yang berakibat pada nilai EFOR. Analisa lebih
lanjut juga menunjukkan proses pengembangan SDM selama tahun 2020-2022 belum
mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan. Hal ini ternyata memberikan
dampak kurangnya pengetahuan kepada SDM dalam mengoperasikan pembangkit. Sebagian besar peralatan perusahaan merupakan
manufakturing dari China. Kehandalan dan karakteristik peralatan tentu sangat
berbeda dengan buatan Eropa dan Jepang. Ini tentu sangat berlawanan dengan SDM
perusahaan yang berpengalaman menggunakan peralatan buatan Eropa dan Jepang. Faktor eksternal yaitu krisis energi juga menjadi faktor
nilai availability tidak tercapai. Perusahaan yang menggunakan bahan
bakar batubara berdampak secara langsung terhadap operasional unit. Membangun
arsitektur sistem informasi dan terintegrasi akan membantu keselarasan baik
dari operasional, regulasi, pemasok dan pelanggan.
PT.
XYZ is one of the private power generators (IPP) located in Indonesia. The
company successfully commenced commercial operations in 2017 by supplying
electricity to its primary customer, PLN. One of the company's assessed
objectives, namely operational quality, was not met in 2020-2022. The values of
availability, EFOR, heat rate, and power consumption, which form part of the
company's quality objective measurements, did not reach the target. The
achievement of availability and EFOR values would influence the company's
financials and customer satisfaction. Qualitative research was conducted to dig
into the causes by examining the company's internal processes.
Research
results through interviews with top management and measurements using the
balanced scorecard showed that business strategies through the operations and
maintenance department could not attain. The operational strategy to prevent
units from tripping and the consumption of power usage was one reason for the
unattained availability. On the other hand, the maintenance department failed
to reach the ratio target for preventive measures against corrective ones,
which affected the EFOR value. Further analysis also indicated that the human
resources development process during 2020-2022 did not achieve the targets set
by the company. This condition resulted in a lack of knowledge among the human
resources in operating the power plant. Most of the company's equipment is
manufactured in China. The equipment's reliability and characteristics are very
different from European and Japanese-made ones. This contrasts with the
company's experienced human resources in using European and Japanese-made
equipment. An external factor, the energy crisis, also became a factor in the
unattained availability value. The company uses coal as fuel, and directly
affects the operational unit. Building an integrated information system
architecture would help align operations, regulations, suppliers, and
customers.
Kata Kunci : Objektif, Availability, EFOR, Balance Scorecard, Karakteristik, Sistem Informasi