Laporkan Masalah

Analisis Faktor yang Memengaruhi Niat Konsumen Membeli Daging Ayam Potong Beku Tidak Berbumbu

KARIEN NAILA SA'ADAH KARTAWAN, Yulia Arisnani Widyaningsih, M.B.A., Ph.D.

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Mayoritas masyarakat Indonesia memandang bahwa daging ayam beku merupakan daging ayam yang tidak sehat karena sudah terkontaminasi oleh zat kimia atau formalin dan daging ayam sisa yang tidak laku terjual. Stereotipmasyarakat tentang daging ayam beku merupakan kesalahpahaman sehingga perlu adanya perulusan informasi terkait daging ayam beku. Penelitian ini bertujuan menguji faktor-faktor yang memengaruhi niat beli daging ayam potong beku yang tidak berbumbu. 

Penelitian ini menggunakan perluasan teori perilaku berencana (Theory of Planned Behavior) untuk menguji faktor-faktor apa saja yang memengaruhi niat beli daging ayam potong beku yang tidak berbumbu. Determinan yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) pengetahuan produk, (2) norma subjektif(3) persepsi kontrol perilaku, dan(4) sikap. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data menggunakan survei menggunakan kuesioner kepada individu yang berusia lebih dari 17 tahun serta tidak pernah membeli daging ayam potong beku yang tidak berbumbu. Jumlah responden yang terkumpul pada penelitian ini sebanyak 318 orang. 

Pengujian hipotesis menggunakan Structural Equation Model-Partial Least Square. Hasil temuan pada penelitian ini adalah adanya pengaruh positif dari determinan pengetahuan produk, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku pada niat beli daging ayam potong beku yang tidak berbumbu dimediasi oleh variabel sikap.

The majority of Indonesian society perceives that frozen chicken meat is unhealthy because it is believed to be contaminated with chemicals or formalin and consists of unsold leftover chicken meat.The public stereotypesurrounding frozen chicken meat is a misconception, thus requiring the provision of accurate information regarding frozen chicken meat. This research aims to examine the factors that influence the intention to purchase unseasoned frozen chicken meat.

This research utilizes an extended version of the Theory of Planned Behavior to examine the factors that influence the intention to purchase unseasoned frozen chicken meat. The determinants used in this study are (1) product knowledge, (2) subjective norms, (3) perceived behavioral control, and (4) attitudes. This study focuses on hypothesis testing using primary data obtained through questionnaire distribution to individuals aged 17 years and above, who have never purchased unseasoned frozen chicken meat before. The total number of respondents collected for this study was 318 individuals.

Hypothesis testing was conducted using Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS). The findings of this study indicate a positive influence of the determinants, namely product knowledge, subjective norms, and perceived behavioral control, on the intention to purchase unseasoned frozen chicken meat, which is mediated by the attitude variable.

Kata Kunci : Niat Beli, Norma subjektif, Pengetahuan produk, Persepsi kontrol perilaku, Sikap, dan Theory of Planned Behavior

  1. S2-2023-465064-abstract.pdf  
  2. S2-2023-465064-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-465064-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-465064-title.pdf