Laporkan Masalah

NILAI EKONOMI DAN ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI FREKUENSI KUNJUNGAN TAMAN PINTAR YOGYAKARTA

Rizky Mustikasari, Akhmad Akbar Susamto, M.Phil., Ph.D.

2023 | Tesis | S2 Magister Ek.Pembangunan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi jumlah kunjungan dan willingness to pay (WTP) terhadap objehk wisata Taman Pintar Yogyakarta dan mengestimasi nilai ekonomi dari Taman Pintar Yogyakarta. Penilaian ekonomi terhadap Taman Pintar Yogyakarta ini menggunakan travel cost method (TCM) dan contingent valuation method (CVM). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 70 responden.

Faktor-faktor yang memengaruhi jumlah kunjungan dan willingness to pay terhadap objek wisata Taman Pintar Yogyakarta adalah biaya perjalanan, pendapatan, usia, tingkat pendidikan, dummy daya tarik wisata, dan dummy kondisi alat peraga. Nilai ekonomi objek wisata Taman Pintar Yogyakarta berdasarkan pendekatan travel cost method adalah Rp451.211.520.927,00 dengan surplus konsumen per individu sebesar Rp628.571,00 dan nilai ekonomi objek wisata Taman Pintar Yogyakarta berdasarkan contingent valuation method adalah sebesar Rp22.160.346.027,00 dengan kesediaan membayar rata-rata sebesar Rp30.871,00.

This study aims to identify the factors that influence the number of visits and willingness to pay for Taman Pintar Yogyakarta tourism objects and estimate the economic value of Taman Pintar Yogyakarta. The economic assessment of the Taman Pintar Yogyakarta uses the travel cost method and the contingent valuation method. The sample used in this study were 70 respondents.

The factors that influence the number of visits and willingness to pay for tourism objects Taman Pintar Yogyakarta are travel costs, income, age, level of education, dummy tourist attraction, and dummy condition of visual aids. The economic value of Taman Pintar Yogyakarta based on the travel cost method approach is IDR 451,211,520,927.00 with a consumer surplus of visitor IDR 628.571,00 and the economic value of Taman Pintar based on the contingent valuation method is IDR 22,160,346.027.00 with an average willingness to pay IDR 30,871.00.

Kata Kunci : nilai ekonomi, travel cost method (TCM), surplus konsumen, contingent valuation method (CVM), willingness to pay (WTP).

  1. S2-2023-452383-abstract.pdf  
  2. S2-2023-452383-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-452383-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-452383-title.pdf