Laporkan Masalah

Rancangan Model Bisnis Pakaian Dalam Wanita Plus Size "Pretty and Plump"

Mia Carra, Rocky Adiguna, SE., M.Sc., Ph.D.

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Pretty and Plump adalah perusahaan yang bergerak di bidang mode dan busana, khususnya pakaian dalam untuk wanita yang berukuran besar. akan tetapi, kajian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui model bisnis yang tepat sehingga dapat digunakan sebagai acuan dan pedoman untuk menjalankan bisnis ini di masa depan. Pada penelitian ini terdapat dua tujuan, yaitu merancang model bisnis pakaian dalam untuk wanita plus size di Indonesia dan menganalisis kelayakan model bisnis Pretty and Plump dari aspek keuangan.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang didukung dengan metode kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer yang didapat dari hasil wawancara. Wawancara ini dilakukan kepada pemilik bisnis serupa dan kepada para calon pelanggan. Analisis data kualitatif dilakukan dengan melalukan analisis konten dari hasil wawancara, lalu diinterpretasi menjadi sembilan blok Kanvas Model Bisnis. Selanjutnya analisis data kuantitatif dilakukan dengan menghitung nilai NPV, IRR, dan PBP.

Hasil dari penelitian ini adalah peta kebutuhan konsumen dan rancangan model bisnis yang sesuai untuk Pretty and Plump.  Sebagai sebuah bisnis yang bergerak di bidang mode dan busana, proposisi nilai Pretty and Plump tidak hanya menyediakan ukuran yang besar, tetapi juga menawarkan kenyamanan dan desain sehingga dapat digunakan dalam berbagai aktivitas dan meningkatkan kepercayaan diri.   Berdasarkan analisis kelayakkan ekonomi yang dilakukan, didapatkan hasil nilai NPV sebesar Rp 107.017.676, nilai IRR sebesar 112,91?n nilai PBP sebesar 0,974 atau sekitar dua belas bulan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model bisnis Pretty and Plump layak diimplementasikan dari segi ekonomi.


Pretty and Plump is a company engaged in the field of fashion and clothing, especially underwear for plus size women. However, further studies are needed to find out the right business model, so that it can be used as a reference and guideline for running this business in the future. There are two objectives in this research. The first one is to design a business model for plus size women’s underwear in Indonesia. the second one in to analyze the feasibility of Pretty and Plump’s business model from a financial perspective.

This research uses qualitative methods, supported by quantitative methods. The data source in this study is primary data obtained from interviews. These interviews were conducted with similar business owners and potential customers. Qualitative data analysis was carried out by conducting content analysis from the interview result, then interpreted into nine blocks of the Business Model Canvas. Furthermore, quantitative data analysis was carried out by calculating the NPV, IRR, and PBP values.

The result of this research is a map of consumer needs and a business model design that is suitable for Pretty and Plump. As a business engaged in fashion and clothing, Pretty and Plump's value proposition is not only providing large sizes, but also offering comfort and design so that they can be used in various activities and increase confidence. Based on the economic feasibility analysis carried out, the results obtained were an NPV value of IDR 107.017.676, an IRR value of 112,91% and a PBP value of 0.974 or around twelve months. Therefore, it can be concluded that the Pretty and Plump business model is feasible from an economic perspective.


Kata Kunci : model bisnis, plus size, pakaian dalam/business model, plus size, underwear

  1. S2-2023-490751-abstract.pdf  
  2. S2-2023-490751-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-490751-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-490751-title.pdf