Laporkan Masalah

Strategi Bersaing Inkubator Amikom Business Park dalam Industri Inkubator Bisnis

Donni Prabowo, Prof. Amin Wibowo, S.E., M.B.A., Ph.D

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Inkubator Amikom Business Park merupakan Inkubator Bisnis yang telah berdiri sejak tahun 2013 dan berada dibawah naungan Yayasan Amikom. Salah satu kunci keberhasilan program inkubasi yang bisa menghasilkan wirausahawan dengan bisnis yang unggul adalah kualitas dari input yang didapatkan, hal ini sejalan dengan studi literatur dari penelitian terdahulu tentang success factor inkubator bisnis berbasis universitas di Indonesia. Untuk mendapatkan input yang berkualitas tentunya inkubator harus memiliki keunikan dan keunggulan dibandingkan dengan inkubator lainnya.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menemukan sumber daya yang di miliki oleh Inkubator Amikom Business Park yang dapat digunakan sebagai keunggulan bersaing. Penelitian ini menggunakan 6 informan yang 3 diantaranya merupakan pengelola Inkubator Amikom Business Park di level direktur, dan 3 sisanya merupakan direktur dari tenant yang dibina oleh Inkubator Amikom Business Park. Penulis melakukan pengolahan data dari informan dan studi literatur untuk merumuskan sumber daya sumber daya yang dimiliki oleh Inkubator Amikom Business Park lalu dilanjutkan dengan melakukan Uji VRIO untuk mengidentifikasi keunggulan bersaing yang berkelanjutan.

Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa Inkubator Amikom Business Park memiliki 23 sumber daya dan kapabilitas yang bernilai, dan 3 diantaranya merupakan sumber daya yang teridentifikasi sebagai sumber daya yang dapat digunakan sebagai keunggulan bersaing yang berkelanjutan sehingga penelitan ini merekomendasikan strategi diferensiasi dengan cara mengkomunikasikan secara lebih masif terkait 3 sumber daya yang menjadi keunggulan kompetitif berkelanjutan tersebut.

The Amikom Business Park Incubator is a Business Incubator that has been established since 2013 and is under the auspices of the Amikom Foundation. One key to the success of the incubation program that can produce entrepreneurs with excellent businesses is the quality of the inputs obtained, which is in line with the literature study of previous research on the success factors of university-based business incubators in Indonesia. To obtain quality inputs, the incubator must have uniqueness and advantages compared to other incubators.

This research is a descriptive qualitative study to identify the resources possessed by the Amikom Business Park Incubator that can be used as a competitive advantage. The study involved 6 informants, 3 of whom were managers of the Amikom Business Park Incubator at the director level, and the other 3 were directors of tenants nurtured by the Amikom Business Park Incubator. The author processed data from the informants and literature study to formulate the resources possessed by the Amikom Business Park Incubator. This was followed by conducting a VRIO test to identify sustainable competitive advantages.

The results of this study revealed that the Amikom Business Park Incubator has 23 valuable resources and capabilities, 3 of which have been identified as resources that can be used as sustainable competitive advantages. Therefore, this study recommends a differentiation strategy by more extensively communicating about these 3 resources that serve as sustainable competitive advantages.

Kata Kunci : Keunggulan Bersaing, Resource Based View, VRIO

  1. S2-2023-486230-abstract.pdf  
  2. S2-2023-486230-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-486230-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-486230-title.pdf