Laporkan Masalah

Perencanaan Strategi PT Carisky General Sentosa

Muhammad Usmar Arif, Prof. Amin Wibowo, S.E., M.B.A., Ph.D.

2023 | Tesis | S2 Manajemen

PT Carisky General Sentosa adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang transportasi, khususnya penyewaan mobil dan truk. Penulis melakukan wawancara awal kepada direktur PT General Carisky Sentosa dan ditemui bahwa perusahaan mengalami kalah dalam bersaing yang ditunjukkan dengan tidak menangnya perusahaan saat proses tender untuk proyek yang akan berlangsung tahun depan. Kondisi perusahaan yang berjalan tanpa pernyataan visi dan misi yang jelas ternyata berdampak pada kinerja pegawai dan laba perusahaan yang turun setiap tahunnya. Kondisi pendapatan PT Carisky General Sentosa yang menurun dari tahun ke tahun, berbanding terbalik dengan kondisi industri transportasi makro di Indonesia yang mengalami kenaikan sekitar 22%.

Penelitian ini didasari oleh permasalahan yang dimiliki oleh perusahaan, yaitu tidak adanya pernyataan visi dan misi serta rencana strategi yang absen dimiliki oleh perusahaan. Masalah pun muncul, baik secara internal maupun eksternal. Penulis mendapatkan data primer dari hasil wawancara dan focus group discussion (FGD), sedangkan data sekunder berasal dari observasi dan kajian dokumen, termasuk berbagai sumber berita daring. Analisis yang memengaruhi bisnis perusahaan telah penulis lakukan yaitu dari faktor internal dan eksternal. Penulis mendapatkan hasil analisis yang sudah dilakukan yaitu berupa pernyataan misi dan visi yang cocok bagi perusahaan dan menjadi acuan bagi keberlangsungan bisnis perusahaan di masa yang akan datang. Rencana strategi untuk 5 tahun ke depan juga sudah dirancang dengan harapan semua itu akan berjalan sesuai dengan rencana.


PT Carisky General Sentosa is a company engaged in the transportation sector, particularly car and truck rental. The author conducted an initial interview with the director of PT General Carisky Sentosa and found that the company experienced a competitive loss as shown by the company not winning during the tender process for the project which will take place next year. The condition of a company that runs without a clear vision and mission statement actually has an impact on employee performance and company profits which fall every year. The condition of PT Carisky General Sentosa's income has decreased from year to year, in contrast to the condition of the macro transportation industry in Indonesia which has increased by around 22%.

This research is based on the company's problems, namely the absence of vision and mission statements and strategic plans that are absent from the company. Problems arose, both internally and externally. The author obtained primary data from interviews and focus group discussions (FGD), while secondary data came from observation and document review, including various online news sources. The analysis that influences the company's business has been carried out by the author, namely from internal and external factors. The author gets the results of the analysis that has been done, namely in the form of mission and vision statements that are suitable for the company and become a reference for the company's business continuity in the future. Strategic plans for the next 5 years have also been designed with the hope that everything will go according to plan.


Kata Kunci : formulasi, misi, objektif, rencana strategi, visi

  1. S2-2023-485392-abstract.pdf  
  2. S2-2023-485392-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-485392-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-485392-title.pdf