Laporkan Masalah

PERANCANGAN MODEL BISNIS PLATFORM ”KENDARA” PERANTARA KONSUMEN SEWA KENDARAAN DENGAN BISNIS USAHA RENTAL

Rizqy Henry Wibowo, Bapak Nofie Iman Vidya Kemal, S.E., M.Sc., Ph.D

2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Tujuan penelitian ini adalah merancang model bisnis Aplikasi Penyedia sewa-menyewa jasa transportasi Kendara dalam menciptakan dan mengambil nilai serta strategi bisnis yang dibuat. Penelitian ini akan menganalisis kebutuhan pelanggan yang masih belum terpenuhi dari pilihan produk yang telah tersedia di pasar dan menetapkan komponen/elemen model bisnis yang dapat digunakan untuk mendukung kebutuhan pelanggan.

Desain penilitian model bisnis platform Kendara berupa penelitian kualitatif. Penelitian ini merancang model bisnis dengan menggunakan metode kualitatif yang didukung dengan metode kuantitatif untuk mengukur validasi data penelitian yang dapat dicapai dengan menggunakan parameter statistik. Unit analisis dari penelitian ini adalah pada tingkat organisasi dan individu. Pengumpulan data dari data primer didapat dengan melakukan wawancara dan survei. Sedangkan data sekunder, berdasarkan data pendukung yang dibutuhkan. Jumlah sampel yang digunakan sebesar ± 97 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif dengan analisis konten kualitatif dan Analisis SWOT.

Berdasarkan hasil penelitian, penerapan ide bisnis Kendara dalam Kanvas Model Bisnis melibatkan 9 blok elemen, antara lain (1) proporsi nilai, perumusan nilai atau ide bisnis aplikasi Kendara untuk menjawab permasalahan yang dihadapi oleh calon pelanggan; (2) pelanggan, Aplikasi Kendara mampu memberikan solusi yang dapat menjadi nilai tambah; (3) saluran, keberadaan website/aplikasi, media sosial, dan word of mouth mampu memberikan informasi kepada masyarakat; (4) hubungan konsumen, Kendara menawarkan user/pengguna premium dan promo bagi pelanggan; (5) Sumber daya utama, memungkinkan perusahaan menciptakan nilai lebih bagi pelanggan; (6) Kemitraan kunci, Kendara mengandalkan kerja sama dengan 4 (empat) mitra yang memiliki peran penting; (7) Struktur biaya, pada aplikasi Kendara terdiri dari biaya investasi dan biaya operasional; (8) Bisnis Kanvas ide, bisnis aplikasi Kendara diharapkan mampu secara efektif dan efisien dalam menentukan strategi dan inovasi bisnis. Berkaitan dengan hal tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa ide bisnis yang sedang dikembangkan melalui aplikasi Kendara dalam bidang sewa mobil memiliki potensi pertumbuhan yang baik.


The purpose of this study is to design a business model for vehicle rental service provider applications in creating and capturing value and the business strategy created. This research will analyze the unmet customer needs from the product choices available in the market and determine the components/elements of a business model that can be used to support customer needs.

The design of the Kendara platform business model research is in the form of qualitative research. This study designed a business model using qualitative methods supported by quantitative methods to measure research data validation which can be achieved using statistical parameters. The unit of analysis of this study is at the organizational and individual levels. Data collection from primary data obtained by conducting interviews and surveys. While secondary data, based on the required supporting data. The number of samples used is ± 97 respondents. This study uses qualitative data analysis methods with qualitative content analysis and SWOT analysis.

Based on the results of the research, the application of the Kendara business idea in the Business Model Canvas involves 9 block elements, including (1) value proposition, the formulation of values ??or business ideas for the Kendara application to answer the problems faced by prospective customers; (2) customers, the Kendara application is able to provide solutions that can be added value; (3) channels, the existence of websites/applications, social media, and word of mouth are able to provide information to the public; (4) consumer relations, Kendara offers premium users and promos for customers; (5) Key resources, enabling enterprises to create more value for customers; (6) Key partnerships, Kendara relies on cooperation with 4 (four) partners who have important roles; (7) The cost structure, in the Kendara application, consists of investment costs and operational costs; (8) Business Idea canvas, the application business for Kendara is expected to be able to effectively and efficiently determine business strategy and innovation. So it can be concluded that the business idea that is being developed through the Kendara application in the car rental sector has good growth potential

Kata Kunci : Ide bisnis, model bisnis, sewa mobil, aplikasi, SWOT.

  1. S2-2023-486277-abstract.pdf  
  2. S2-2023-486277-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-486277-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-486277-title.pdf