ANALISIS PELAYANAN FARMASI DI POLI RAWAT JALAN BPJS MENGGUNAKAN PENDEKATAN LEAN MANAGEMENT STUDI PADA RS XYZ
Indah Dwijayanti, Rocky Adiguna, S.E., M.Sc., Ph.D
2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Analisis Pelayanan Farmasi Di Poli Rawat
Jalan BPJS Menggunakan Pendekatan Lean Management Pada RS XYZ
Indah Dwijayanti
21/490054/PEK/28089
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
alur proses pelayanan obat, menganalisis jenis pemborosan dan faktor-faktor
yang yang dapat menyebabkan keterlambatan pelayanan obat, serta memberikan
rekomendasi usulan perbaikan untuk memitigasi keterlambatan waktu pelayanan
obat di instalasi farmasi rawat jalan BPJS yang belum memenuhi standar.
Pemetaan fugsi waktu digunakan untuk melihat keseluruhan proses pelayanan
farmasi rawat jalan BPJS dan untuk mengidentifikasi pemborosan yang terjadi. Root cause analysis dengan metode 5 whys digunakan untuk mengetahui
faktor-faktor penyebab dari keterlambatan pelayanan yang ada dan mengalami bottleneck. Konsep Lean Management telah
digunakan untuk mengetahui dampak dari perbaikan yang dilakukan. Hasil
penelitian menunjukkan terdapat 4 tahapan utama dari proses pelayanan farmasi
yaitu penyerahan resep, administrasi, penyiapan dan penyerahan obat.
Berdasarkan hasil pengamatan, waktu proses paling lama adalah pada tahap
penyiapan obat. Rata-rata cycle time dalam pelayanan obat farmasi yaitu 1 jam
45 menit 24 detik dengan jenis pemborosan mayoritas adalah menunggu (waiting). Pemborosan ini terjadi karena
beberapa faktor penyebab diantaranya adalah belum ada training khusus secara
periodic selama masa probation, jam praktek dokter bersamaan dan tidak sesuai
dengan schedule, kebiasaan dan persepsi petugas yang salah serta layout yang
belum efektif, juru racik obat khusus belum ada, IT belum bisa perbaiki sistem
di farmasi secara menyeluruh sehingga banyak proses yang dilakukan secara 2x
(manual dan computerized), peralatan meracik obat kurang, SIMRS yang digunakan
belum sama dan tidak ada sistem inventory
control yang efektif. Dengan melakukan eliminasi proses dan memberikan
strategi perbaikan berdasarkan pada konsep Lean
Management pada aktivitas yang menjadi penyebab pemborosan maka diperoleh
persentase penurunan waktu proses sebesar 47%.
Kata kunci : Lean,
Pemetaan Fungsi Waktu, Pemborosan, 5
why’s
Analysis
of Pharmacy Services in Outpatient BPJS Using a Lean Management Approach at XYZ
Hospital
Indah
Dwijayanti
21/490054/PEK/28089
This study aims to determine the flow of the
drug service process, analyze the types of waste and factors that can cause delays
in drug service, and provide recommendations for improvements to mitigate drug
service delays in BPJS outpatient pharmacy installations that do not meet
standards. Time function mapping is used to see the entire process of BPJS
outpatient pharmacy services and to identify waste that occurs. Root cause
analysis with the 5 Whys method is used to determine the causative factors of
existing service delays and bottlenecks. The concept of "lean management"
has been used to determine the impact of the improvements made. The results
showed that there were four main stages of the pharmaceutical service process:
prescription submission, administration, drug preparation, and delivery. Based
on observations, the longest processing time is at the drug preparation stage.
The average cycle time in pharmaceutical drug services is 1 hour, 45 minutes,
and 24 seconds, with the majority of waste being waiting. This waste occurs due
to several causative factors, including the absence of periodic special training
during the probation period, the doctor's practice hours are the same and are
not in accordance with the schedule, the habits and perceptions of the officers
are wrong, the layout is not yet effective, there is no special medicine
concoction for BPJS yet, many processes are carried out twice (manually and
computerized), medicine dispensing equipment is lacking, the SIMRS used is not
the same, and there is no effective inventory control system. By eliminating
processes and providing improvement strategies based on the Lean Management
concept for activities that cause waste, a 47% reduction in processing time is
obtained.
Keywords : Lean, Time Function Mapping, Waste, 5 why’s
Kata Kunci : Lean, Pemetaan Fungsi Waktu, Pemborosan, 5 why’s