Laporkan Masalah

PENGARUH SUSTAINABILITY REPORTING TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KONFLIK KEAGENAN SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

M. Fahrullah, Aviandi Okta Maulana, S.E., M.Acc., Ph.D., Ak., CA., CIRBC.

2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Perkembangan yang pesat dari dunia usaha yang mendorong setiap pelaku usaha untuk mengembangkan dan mentransformasikan struktur usaha serta nilai perusahaan mereka demi efektivitas, efisiensi, dan profitabilitas yang diharapkan. Untuk dapat bertahan hidup, sebuah perusahaan tidak hanya harus mengelola berbagai potensi konflik kepentingan serta permasalahan yang akan timbul, namun juga selayaknya mendapatkan kepercayaan dari semua stakeholder yang mempunyai kepentingan terkait. Dalam mendapatkan kepercayaan salah satunya bisa dilakukan oleh pihak yang berkepentingan yaitu mengimplementasikan pengelolaan yang baik serta melaksanakan kegiatan sosial sebagai wujud pertanggung-jawaban perusahaan terhadap lingkungan dan sosial (Sustainability Reporting) secara berkala. Perusahaan perlu menginformasikan kedua aspek tersebut, yaitu implementasi pengelolaan yang baik serta pelaksanaan kegiatan sosial kepada pihak eksternal sebagai tanda transparansi perusahaan terhadap publik melalui laporan tahunan perusahaan dan juga sebagai sinyal terhadap investor atau calon investor untuk memberi informasi bahwa perusahaannya telah dikelola dengan baik. Tidak hanya secara ekonomi, namun tata kelola yang efektif dan efisien juga harus diterapkan agar menghasilkan dampak terhadap sosial dan lingkungan secara positif. 
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh sustainability reporting terhadap nilai perusahaan dengan konflik keagenan sebagai pemoderasi pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari sustainability report, laporan keuangan, dan harga saham dari perusahaan non keuangan selama tahun 2017-2021. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah moderating regression analysis. Hasil penelitian menemukan bahwa sustainability reporting berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Selain itu, ditemukan juga bahwa konflik keagenan memperkuat pengaruh dari sustainability reporting terhadap nilai perusahaan.

The rapid development of the business world has encouraged every business actor to develop and transform their business structure and corporate values for the expected effectiveness, efficiency and profitability. In order to survive, a company must not only manage various potential conflicts of interest and problems that will arise, but also deserve the trust of all stakeholders who have related interests. In gaining trust, one of which can be done by interested parties, namely implementing good management and carrying out social activities as a form of corporate responsibility to the environment and social (Sustainability Reporting) on a regular basis. Companies need to inform these two aspects, namely the implementation of good management and the implementation of social activities to external parties as a sign of company transparency to the public through the company's annual report and also as a signal to investors or potential investors to provide information that the company has been well managed. Not only economically, but effective and efficient governance must also be implemented in order to produce positive social and environmental impacts.

This study aims to examine the effect of sustainability reporting on firm value with agency conflict as a moderator for non-financial companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2017-2021. This study uses a quantitative research method with secondary data obtained from sustainability reports, financial reports, and stock prices from non-financial companies during 2017-2021. The data analysis technique used in this study is moderating regression analysis. The results of the study found that sustainability reporting has a negative effect on firm value. In addition, it was also found that agency conflicts strengthen the effect of sustainability reporting on firm value.

Kata Kunci : Sustainability Reporting, Nilai Perusahaan, Konflik Keagenan

  1. S2-2023-485336-abstract.pdf  
  2. S2-2023-485336-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-485336-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-485336-title.pdf