Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI DIVERSIFIKASI PT PELAYANAN LISTRIK NASIONAL TARAKAN (PLNT)

Syarifatussakinah Mumtaz, Rangga Almahendra, Dr., S.T., M.M.

2023 | Tesis | S2 Manajemen

PT Pelayanan Listrik Nasional Tarakan (PLNT) merupakan salah satu anak perusahaan PLN yang bergerak di bidang layanan Operation and Maintenance (O&M) atau Jasa Operasi dan Pemeliharaan untuk pembangkit, transmisi, distribusi, pelayanan pelanggan (billing management) dan jasa yang lainnya dibidang ketenagalistrikan. PV (Photovoltaic) rooftop. salah satu jenis energi terbarukan yang tren nya dari tahun ke tahun mengalami kenaikan sehingga diperkirakan akan mengambil ceruk pasar perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan berencana untuk melakukan diversifikasi pada industri ini. Untuk mengkaji apakah rencana diversifikasi ini layak dilakukan atau tidak maka dilakukan tiga pengujian yaitu uji daya tarik, uji biaya masuk, dan uji lebih baik atau better off test. Data primer didapatkan dari wawancara dan kuesioner. Data sekunder didapatkan dari laporan tahunan, penelitian terdahulu, regulasi pemerintah, dan sumber data lainnya.  Hasil pengujian daya tarik industri adalah kuat atau menarik untuk masuk ke dalam industri PV Rooftop. Hasil uji biaya masuk menunjukan bahwa biaya masuk tidak lebih besar dari potensi keuntungan yang didapat. Hasil uji better off test menunjukan adanya sinergi rantai nilai antara bisnis PV Rooftop dengan bisnis yang ada saat ini. Hasil dari ketiga pengujian menyatakan bahwa diversifikasi layak dilakukan. 

PT Pelayanan Listrik Nasional Tarakan (PLNT) is one of PLN's subsidiaries engaged in Operation and Maintenance (O&M) services for power generator, transmission, distribution, customer service (billing management) and other services in the electricity sector. PV (Photovoltaic) Rooftops is a type of renewable energy whose trend has increased from year to year so that it is expected to take the company's market niche. Therefore, the company has plans to diversify its strategy in this industry. In order to examine whether this diversification plan is feasible or not, three tests are carried out, namely the attractiveness test, cost of entry test, and the better off test. Primary data obtained from interviews and questionnaires and Secondary data is obtained from annual reports, previous research, government regulations, and other data sources. The results of the industrial attractiveness test are strong or attractive to enter the Rooftop PV industry. The results of the cost of entry test show that the entry cost is not greater than the potential profit. The results of the better off test show that there is value chain synergy between the Rooftop PV business and the existing businesses. The results of the three tests state that diversification is feasible.

Kata Kunci : Diversifikasi, Uji Daya Tarik, Uji Biaya Masuk, Better Off Test

  1. S2-2023-490324-abstract.pdf  
  2. S2-2023-490324-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-490324-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-490324-title.pdf