Laporkan Masalah

Analisis Penempatan Produk Pada Sebuah Merek (Studi Kasus Pada Merek WeNeed Beauty Di Video Reels Instagram @Alfysaga Dan @Fatmasarizar)

Wahyu Ridania, Anton Agus Setyawan, Prof. Dr., M.Si,

2023 | Tesis | S2 Manajemen

WeNeed Beauty adalah salah satu dari ribuan merek yang memutuskan untuk menggunakan jalur komunikasi periklanannya melalui penempatan produk di instragarm. Namun, adanya penempatan produk yang terlalu sering dan memiliki kualitas kurang rupanya dapat menghadirkan resiko perihal pandangan sebuah merek menjadi kurang baik. Konsumen bisa saja merasa terganggu dengan adanya hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan sikap konsumen pada merek Weneed Beauty yang merupakan hasil dari kebijakan penempatan produknya.

Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara semi terstruktur. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 narasumber yang mengikuti @alfysaga atau @fatmasarizar di instagram. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan thematic analysis.

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa adanya penempatan produk pada konten Alfy dan Fatma memberikan hasil brand recall yang baik dari penonton terhadap merek WeNeed Beauty. Kemudian terdapat juga respon sikap berupa ketidak tertarikan penonton terhadap merek. Namun, hadirnya penempatan produk yang dilakukan rupanya masih dianggap positif dan tidak membosankan.

WeNeed Beauty is one of thousands of brands that decided to use its advertising communications channels through product placements on instagram. However, the existence of product placements that is too frequent and has poor quality can apparently present riks regarding the view of a brand to be less good. Consumers may feel disturbed by this. The purpose of this study is to explain consumer attitudes on the WeNeed Beauty brand which is the result of its product placement policy.

This study used a data collection method in the form of semi structured interviews. Sampling is carried out by non probability methods. The sample is this study amounted to 15 sources who followed @alfysaga or @fatmasarizar on instagram. Data analysis techniques in this study use thematic analysis.

Based on the results of the study, it was found that the placement of products in Alfy and Fatma's content gave good brand recall results from views to the WeNeed Beauty brand. Then there is also an attitude response in the form of audience disinterest in the brand. However, the presence of product placement is apparently still considered positive and not boring.

Kata Kunci : Penempatan Produk, Sikap Merek

  1. S2-2023-490951-abstract.pdf  
  2. S2-2023-490951-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-490951-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-490951-title.pdf