Pengaruh Karakteristik Desain Social Commerce Terhadap Nilai Yang Dipersepsikan dan Niat Pembelian Kembali: Studi Pada TikTok Shop
Kirana Lalita Pristy, Widya Paramita, S.E., M.Sc., Ph.D.
2023 | Skripsi | MANAJEMEN
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik desain social commerce yang terdiri dari kualitas informasi, kualitas layanan, penghargaan dan rekognisi, dan kustomisasi terhadap nilai yang dipersepsikan pelanggan serta pengaruh nilai yang dipersepsikan pelanggan terhadap niat pembelian kembali pada platform social commerce TikTok Shop.
Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode pengumpulan data kuesioner daring. Metode sampling penelitian adalah purposive sampling dengan kritertia responden yaitu pengguna media sosial TikTok di Indonesia berusia minimal 17 tahun yang pernah melakukan pembelian di TikTok Shop dan memiliki pengalaman atas fitur-fitur social commerce pada platform tersebut dalam 6 bulan terakhir. Terdapat total 267 responden yang berpartisipasi, tetapi sebanyak 5 responden tidak memenuhi kriteria. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah PLS-SEM dengan SmartPLS 4.
Hasil pengujian dari penelitian ini mengemukakan bahwa karakteristik desain social commerce (kualitas informasi, kualitas layanan, penghargaan dan rekognisi, dan kustomisasi) secara signifikan berpengaruh positif dan hipotesisnya didukung terhadap nilai yang dipersepsikan pelanggan. Selanjutnya, nilai yang dipersepsikan pelanggan ditemukan secara signifikan memiliki pengaruh positif dan hipotesisnya didukung terhadap niat pembelian kembali.
Kata Kunci : karakteristik desain platform, niat pembelian kembali, nilai yang dipersepsikan, social commerce