Laporkan Masalah

VALUASI EKONOMI OBJEK WISATA PANTAI GLAGAH MENGGUNAKAN METODE BIAYA PERJALANAN

Anggit Wiyogo, Rina Oktavia, S.E., M.E.

2023 | Tugas Akhir | D4 Manajemen dan Penilaian Properti

Pantai Glagah merupakan salah objek wisata dengan jumlah pengunjung dan pendapatan terbesar di Wilayah Kulon Progo. Besarnya jumlah kunjungan tersebut memiliki dampak negatif dan positif bagi objek sehingga diperlukan kegiatan valuasi sebagai upaya untuk memperoleh gambaran manfaat yang dihasilkan oleh objek wisata. Gambaran manfaat yang tercermin dalam bentuk nilai moneter tersebut akan membantu pemangku kebijakan dalam mengambil keputusan mengenai pengelolaan objek wisata tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan dan nilai ekonomi dari Pantai Glagah serta profil wisatawan Pantai Glagah. Faktor – faktor yang diduga mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan adalah travel cost, pendapatan, usia, tingkat pendidikan, jarak tempuh, dan dummy substitusi. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan metode Ordinary Least Square. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik wisatawan sebagai berikut: berdasarkan jumlah kunjungan, mayoritas wisatawan adalah wisatawan dengan jumlah kunjungan satu kali, mayoritas wisatawan mengeluarkan biaya wisata sebesar ? Rp100.000,00, mayoritas wisatawan memiliki pendapatan sebesar ? Rp1.000.000,00, mayoritas wisatawan berusia 15 – 25 tahun, mayoritas wisatawan berpendidikan SLTA sederajat, mayoritas wisatawan menempuh jarak sejauh 26 – 50 kilometer, dan mayoritas wisatawan hanya mengunjungi Pantai Glagah selama perjalanan wisatanya. Faktor – faktor yang mempengaruhi kunjungan adalah biaya perjalanan dan jarak tempuh. Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh nilai surplus konsumen sebesar Rp370.742,00 dan nilai ekonomi dari Pantai Glagah pada tanggal 19 Juni 2023 adalah sebesar Rp221.000.000.000,00.

Glagah Beach is a tourist attraction with the largest number of visitors and income in the Kulon Progo Region. The large number of visits has negative and positive impacts on the object so that valuation activities are needed as an effort to obtain an overview of the benefits generated by the tourist object. An overview of the benefits reflected in the form of monetary value will assist policy makers in making decisions regarding the management of these attractions. This study aims to determine the factors that influence the number of tourist visits and the economic value of Glagah Beach and the tourist profile of Glagah Beach. Factors that are thought to influence the number of tourist visits are travel costs, income, age, education level, distance traveled, and substitution dummy. The analytical tool used in this study is multiple linear regression with the Ordinary Least Square method. The results showed the characteristics of tourists as follows: based on the number of visits, the majority of tourists were tourists with one-time visits, the majority of tourists spent ? Rp. 100,000.00 on tourism, the majority of tourists had income of ? Rp. 1,000,000.00, the majority of tourists were aged 15-25 years, the majority of tourists had high school education equivalent, the majority of tourists traveled 26-50 kilometers, and the majority of tourists only visited Glagah Beach during their tour. The factors that influence visits are travel costs and mileage. Based on the calculation results obtained a consumer surplus value of IDR 370,742.00 and the economic value of Glagah Beach on 19 June 2023 was IDR 221,000,000,000.00.

Kata Kunci : Nilai Ekonomi, Pantai Glagah, Surplus Konsumen

  1. D4-2023-446894-abstract.pdf  
  2. D4-2023-446894-bibliography.pdf  
  3. D4-2023-446894-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2023-446894-title.pdf