Laporkan Masalah

Strategi Diversifikasi Bisnis Pada Penerbit Buku ABC

Dama Yoga Agung Winata, Boyke Rudy Purnomo, S.E., M.M., PhD., CFP

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang diterapkan Penerbit Buku ABC untuk menambahkan skema B2B buku pelajaran dan diversifikasi bisnis platform e-book. Penelitian ini menggunakan dua metode yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif digunakan untuk mengetahui sudut pandang key person dari low, middle, hingga top-level management sehingga dapat merumuskan strategi yang tepat dan sesuai dengan kondisi penerbit ABC melalui proses wawancara. Pedoman wawancara menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode Porter’s Three Essential Test. Pendekatan yang digunakan terdiri tiga pendekatan, diantaranya yaitu attractiveness test untuk mengetahui peluang dan tekanan di dalam industri dengan porter’s five forces, lalu cost of entry untuk mengetahui biaya untuk masuk serta proyeksi pendapatan industri, dan better-off test menggunakan porter’s value chain untuk mengetahui potensi sinergi antara unit bisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmen pasar buku pelajaran memiliki ceruk pasar yang luas dan belum terdisrupsi oleh produk-produk digital. Attractiveness test menunjukkan bahwa bisnis industri platform e-book menarik untuk dimasuki karena Penerbit ABC memiliki keunggulan dalam hal pengalaman dan kompetensi yang dimiliki. Berdasarkan analisis biaya untuk masuk, Penerbit ABC berencana untuk mengembangkan secara internal dengan modal perusahaan yang diperoleh dari pengembangan skema B2B. Hasil analisis better-off menunjukkan bahwa terdapat potensi terciptanya kesesuaian strategi dari sisi inbound logistics, operations, procurement, human resource management, dan firm infrastructure.

This study aims to identify the strategies implemented by ABC Book Publishers to add B2B textbook schemes and diversify the e-book business platform. This study uses two methods, namely qualitative and quantitative methods. Qualitative methods are used to find out the point of view of key persons from low, middle, to top level management so that they can formulate the right strategy and in accordance with the conditions of ABC publishers through the interview process. The interview guide uses a qualitative descriptive approach using the Porter's Three Essential Test method. The approach used consists of three approaches, including the attractiveness test to find out opportunities and pressures in the industry with Porter's five strengths, then entry costs to find out the cost of entry and projected industry revenue, and a better test using Porter's value chain to find out the potential synergies between business units. The results of the study show that the textbook market segment has a broad market niche and has not been disrupted by digital products. The attractiveness test shows that the business industry platform e-book is interesting to enter because ABC Publisher has advantages in terms of experience and competence. Based on a cost-of-entry analysis, ABC Publisher plans to develop internally with the company's capital raised from a B2B development scheme. The results of the better-off analysis show that there is potential for strategic alignment in terms of inbound logistics, operations, procurement, human resource management, and firm infrastructure.

Kata Kunci : B2B, B2B2C, Diversifikasi, Attractiveness Test, Cost of Entry, Better off Test, Porter’s Five Forces, Porter’s Value Chain

  1. S2-2023-490959-abstract.pdf  
  2. S2-2023-490959-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-490959-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-490959-title.pdf