Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI PENGASUHAN PT PETROKIMIA GRESIK MENGGUNAKAN ASHRIDGE MATRIX DAN FOUR LOGICS OF CORPORATE STRATEGY

Irfan Riyadi, Ertambang Nahartyo, Dr., M.Sc., CMA., Ak., CA.

2023 | Tesis | S2 Manajemen

PT Petrokimia Gresik sebagai perusahaan induk yang mengelola beberapa portofolio perlu menjustifikasi keberadaannya sebagai perantara antara pemegang saham dan unit bisnis. Kesesuaian antara induk dan unit bisnis menjadi kunci untuk menciptakan nilai. Penelitian ini utamanya bertujuan untuk mengidentifikasi entitas bisnis manakah yang berpotensi menghasilkan nilai, dan sebaliknya, dengan menggunakan Ashridge Matrix. Selain itu, gaya pengasuhan yang efektif dianalisis menggunakan kerangka Four Logics of Corporate Strategy. Metode penelitian bersifat kualitatif di mana data primer diperoleh dengan wawancara direksi sedangkan data sekunder didapatkan dari laporan perusahaan. Lingkup penelitian dibatasi pada 5 unit bisnis, yaitu: PT Petrosida Gresik, PT Petrokimia Kayaku, PT Petro Jordan Abadi, PT Kawasan Industri Gresik, dan PT Petronika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 5 unit bisnis tersebut memiliki tingkat kesesuaian yang tinggi dengan induk sehingga berada dalam kuadran heartland. Penciptaan nilai dapat diharapkan tercipta dari kelima unit bisnis tersebut. Adapun gaya pengasuhan yang efektif bagi PT Petrosida Gresik, PT Petrokimia Kayaku, dan PT Petro Jordan Abadi dengan perencanaan strategis. Sedangkan gaya pengasuhan PT Kawasan Industri Gresik, dan PT Petronika adalah pengendalian finansial.

PT Petrokimia Gresik as a holding company that manages several portfolios needs to justify its existence as an intermediary between shareholders and business units. The fit between the parent and the business unit is the key to creating value. This research primarily aims to identify which business entities have the potential to generate value, and vice versa, by using the Ashridge Matrix. In addition, effective parenting styles are analyzed using the Four Logics of Corporate Strategy framework. The research method is qualitative in nature where the primary data is obtained by interviewing the directors while the secondary data is obtained from company reports. The scope of research is limited to 5 business units, namely: PT Petrosida Gresik, PT Petrokimia Kayaku, PT Petro Jordan Abadi, PT Kawasan Industri Gresik, and PT Petronika. The results of the study show that the 5 business units have a high level of compatibility with the parent so that they are in the heartland quadrant. Value creation can be expected to be created from the five business units. The effective parenting style for PT Petrosida Gresik, PT Petrokimia Kayaku, and PT Petro Jordan Abadi is strategic planning. Meanwhile, the parenting style of PT Kawasan Industri Gresik and PT Petronika is financial control.

Kata Kunci : Corporate Strategy, Parenting Style, Ashridge Matrix, Four Logics of Corporate Strategy

  1. S2-2023-470953-abstract.pdf  
  2. S2-2023-470953-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-470953-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-470953-title.pdf