ANALISIS STRATEGI PENGASUHAN PT PETROKIMIA GRESIK MENGGUNAKAN ASHRIDGE MATRIX DAN FOUR LOGICS OF CORPORATE STRATEGY
Irfan Riyadi, Ertambang Nahartyo, Dr., M.Sc., CMA., Ak., CA.
2023 | Tesis | S2 Manajemen
PT Petrokimia Gresik sebagai perusahaan induk yang
mengelola beberapa portofolio perlu menjustifikasi keberadaannya sebagai
perantara antara pemegang saham dan unit bisnis. Kesesuaian antara induk dan
unit bisnis menjadi kunci untuk menciptakan nilai. Penelitian ini utamanya
bertujuan untuk mengidentifikasi entitas bisnis manakah yang berpotensi
menghasilkan nilai, dan sebaliknya, dengan menggunakan Ashridge Matrix. Selain
itu, gaya pengasuhan yang efektif dianalisis menggunakan kerangka Four Logics
of Corporate Strategy. Metode penelitian bersifat kualitatif di mana data
primer diperoleh dengan wawancara direksi sedangkan data sekunder didapatkan
dari laporan perusahaan. Lingkup penelitian dibatasi pada 5 unit bisnis, yaitu:
PT Petrosida Gresik, PT Petrokimia Kayaku, PT Petro Jordan Abadi, PT Kawasan
Industri Gresik, dan PT Petronika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 5 unit
bisnis tersebut memiliki tingkat kesesuaian yang tinggi dengan induk sehingga
berada dalam kuadran heartland. Penciptaan nilai dapat diharapkan
tercipta dari kelima unit bisnis tersebut. Adapun gaya pengasuhan yang efektif
bagi PT Petrosida Gresik, PT Petrokimia Kayaku, dan PT Petro Jordan Abadi
dengan perencanaan strategis. Sedangkan gaya pengasuhan PT Kawasan Industri
Gresik, dan PT Petronika adalah pengendalian finansial.
PT Petrokimia Gresik as a holding company that manages
several portfolios needs to justify its existence as an intermediary between
shareholders and business units. The fit between the parent and the business
unit is the key to creating value. This research primarily aims to identify
which business entities have the potential to generate value, and vice versa,
by using the Ashridge Matrix. In addition, effective parenting styles are
analyzed using the Four Logics of Corporate Strategy framework. The research
method is qualitative in nature where the primary data is obtained by
interviewing the directors while the secondary data is obtained from company
reports. The scope of research is limited to 5 business units, namely: PT
Petrosida Gresik, PT Petrokimia Kayaku, PT Petro Jordan Abadi, PT Kawasan
Industri Gresik, and PT Petronika. The results of the study show that the 5
business units have a high level of compatibility with the parent so that they
are in the heartland quadrant. Value creation can be expected to be created
from the five business units. The effective parenting style for PT Petrosida
Gresik, PT Petrokimia Kayaku, and PT Petro Jordan Abadi is strategic planning. Meanwhile,
the parenting style of PT Kawasan Industri Gresik and PT Petronika is financial
control.
Kata Kunci : Corporate Strategy, Parenting Style, Ashridge Matrix, Four Logics of Corporate Strategy