Laporkan Masalah

Evaluasi Strategic Fit dan Sinergi Bank Raya terhadap Bank Rakyat Indonesia

Imam Taufiq Ramadhan, Dr. Willy Abdillah, S.E., M.Sc.

2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Bank Raya merupakan hasil diversifikasi dari BRI pada tahun 2021 dalam upaya mentransformasi Bank BRI Agro menjadi digital attacker yang memenuhi permintaan segmen gig economy. Strategic Fit dan Sinergi antara Bank Raya dan BRI dibutuhkan agar Bank Raya dapat memiliki keunggulan kompetitif dalam bersaing di industri perbankan digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi Strategic Fit dan Sinergi Bank Raya terhadap Bank Rakyat Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif terhadap data primer melalui wawancara in-depth dan sekunder melalui studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Strategic Fit dan Sinergi yang dilakukan antara Bank Raya dengan BRI. Strategic Fit yang berlangsung antar Bank Raya dengan BRI antara lain terkait dengan strategi menyasar segmen konsumer dengan digital lending, dedicated contact center, sistem rekomendasi/referral antar channel, pola dukungan keuangan antar bank, dan menyediakan ekosistem IT. Adapun kedua bank tersebut bersinergi dalam berbagi infrastruktur, SDM dan integrasi aplikasi, transfer knowledge kebijakan prosedur dan tata kelola, serta bekerja sama dengan berbagai fintech maupun start-up. Peluang terbentuknya strategic fit yakni dalam meningkatkan awareness terhadap produk Bank Raya, menjadikan Bank Raya sebagai IT product factory, menetapkan ekosistem bisnis Bank Raya, dan menetapkan KPI yang relevan.

Bank Raya is the result of BRI’s diversification in 2021 in an effort to transform Bank BRI Agro into a digital attacker to meet the demand of the gig economy segment. Strategic Fit and Synergy between Bank Raya and BRI are needed so that Bank Raya can have a competitive advantage in advancing in the digital banking industry. This study aims to analyse the Strategic Fit and evaluate the synergy of Bank Raya towards Bank Rakyat Indonesia. The research method being used is a qualitative descriptive method of primary data sourced through in-depth interviews and secondary data sourced from documentation studies. The results of the research show that there is Strategic Fit and Synergy between Bank Raya and BRI. The Strategic Fit that took place between Bank Raya and BRI was related to the strategy of targeting the consumer segment with digital lending, dedicated contact centres, inter-channel recommendation/referral systems, inter-bank finance support, and providing an IT ecosystem. The two banks synergized in sharing infrastructure, HR and application integration, transferring knowledge of procedures and governance policies, and working with various fintech and startups. Opportunities for forming a strategic fit include increasing awareness of Bank Raya products, Bank Raya becoming an IT product factory, establishing Bank Raya's business ecosystem, and establishing relevant KPIs.

Kata Kunci : Bank Raya, BRI, Diversifikasi, Kecocokan Strategis, Sinergi

  1. S2-2023-485972-abstract.pdf  
  2. S2-2023-485972-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-485972-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-485972-title.pdf