Analisis Stabilitas dan Kendali Optimal Dinamika Pelanggan Berdasarkan Kebijakan Pemasaran
Eka Safitri, Dr. Solikhatun, S.Si., M.Si.
2023 | Skripsi | MATEMATIKA
Referral marketing adalah strategi pemasaran yang
mengandalkan pelanggan atau orang lain untuk merujuk pelanggan baru. Dalam
referral marketing, pelanggan yang puas dengan produk atau layanan suatu bisnis
diberi insentif untuk merekomendasikan bisnis tersebut kepada orang lain.
Pelanggan yang melakukan referral marketing ini disebut pelanggan referral.
Pada skripsi ini dibahas model matematika dan kendali optimal dari dinamika
pelanggan berdasarkan kebijakan pemasaran. Selanjutnya, ditentukan titik ekulibrium
dan bilangan reproduksi dasar dari model. Kemudian dianalisis kestabilan lokal
dan global dari titik ekuilibrium. Lebih lanjut, pada skripsi ini dibahas tentang
bagaimana mendesain kendali optimal untuk model dinamika pelanggan berdasarkan
kebijakan pemasaran dengan menggunakan Prinsip Minimum Pontryagin. Simulasi
numerik dilakukan untuk membuktikan bahwa desain kendali optimal yang diperoleh
dapat memaksimalkan jumlah pelanggan referral.
Referral marketing is a strategy that relies on customers or
other individuals to refer new customers. In referral marketing, satisfied
customers are incentivized to recommend the business to others. These customers
who engage in referral marketing are referred to as referral customers. In this
undergraduate thesis discusses a mathematical model and optimal control of
customer dynamics based on marketing policies. Furthermore, the model’s
equilibrium point and basic reproduction number will be determined. Then, the
local and global stability of the equilibrium point is analyzed. Moreover, this
undergraduate thesis discusses how to design optimal control for the customer
dynamics model based on marketing policies using the Minimum Pontryagin
Principle. Numerical simulations are conducted to demonstrate that the obtained
optimal control design can maximize the number of referral customers.
Kata Kunci : Model SIR, Kendali Optimal, Prinsip Minimum Pontryagin, Kebijakan Pemasaran, Dinamika Pelanggan, Bilangan Reproduksi Dasar