Laporkan Masalah

Evaluasi Perjalanan Kereta Bandara dan Stasiun Bandara Berdasarkan Standar Pelayanan Minimum (Studi Kasus: Perjalanan Kereta Bandara YIA dan Stasiun Bandara YIA)

Muhammad Rafly Suhri, Prof. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Ph.D., IPU. ASEAN Eng.

2023 | Skripsi | TEKNIK SIPIL

Yogyakarta saat ini memiliki bandara baru bernama Yogyakarta International Airport (YIA) yang terhitung sudah beroperasi sejak tahun 2020 lalu. Jarak tempuh dari wilayah perkotaan Yogyakarta menuju lokasi bandara YIA kurang lebih 1 sampai 2 jam. Demi memudahkan mobilitas dan efektifitas masyarakat di Yogyakarta, maka dari itu hadirlah kereta bandara YIA yang mempunyai rute Stasiun Yogyakarta – Stasiun Wates – Stasiun YIA. Maka dari itu, pada penelitian kali ini dilakukan untuk mengetahui pelayanan yang diberikan oleh pengelola jasa kereta bandara dan juga untuk mengetahui penilaian dari para pengguna jasa. Penelitian ini menggunakan acuan pada Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 63 Tahun 2019.

Data pada penelitian kali ini didapatkan melalui survei penerapan pelayanan di lapangan, penyebaran kuesioner kepada pengguna jasa dalam bentuk Google Form, dan permohonan data pada PT Railink. Isi dari formulir survei kuesioner adalah karakteristik responden dan penilaian respoden terhadap kepuasan dan kepentingan kinerja atribut pelayanan yang sesuai dengan Standar Pelayanan Minumum (SPM) yang berlaku. Dari survei kuesioner tersebut, didapatkan 121 responden yang kemudian dilakukan analisis menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui nilai dari tingkat kepuasan dan kepentingan dari para pengguna jasa. Metode tersebut diolah menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

Pada survei lapangan, terdapat 6 atribut pelayanan pada stasiun bandara YIA dan 4 atribut pelayanan pada perjalanan kereta bandara yang masih belum sesuai dengan SPM. 6 atribut pelayanan pada stasiun tersebut adalah informasi dan fasilitas keselamatan, titik kumpul, toilet, tempat ibadah, suhu ruangan dan himbauan larangan merokok. Kemudian, 4 atribut pelayanan pada perjalanan kereta adalah informasi dan fasilitas kesehatan, fasilitas pendukung, suhu ruangan di dalam kereta dan rak bagasi. Pada hasil perhitungan menggunakan metode IPA, terdapat 4 atribut pelayanan yang berada di dalam kuadran I. Kuadran I pada Diagram IPA merupakan atribut dengan kepentingan yang tinggi namun memiliki nilai kinerja yang rendah. Atribut tersebut adalah fasilitas area boarding pada stasiun, ketersediaan toilet pada stasiun, suhu ruangan pada kereta dan rak bagasi pada kereta.

Yogyakarta currently has a new airport called Yogyakarta International Airport (YIA) which has been operating since 2020. The distance from the Yogyakarta urban area to the YIA airport location is approximately 1 to 2 hours. For the sake of facilitating the mobility and effectiveness of the people in Yogyakarta, therefore the YIA airport train has a route from Yogyakarta Station - Wates Station - YIA Station. Therefore, this research was conducted to determine the services provided by airport train service managers and also to determine the ratings of service users. This research uses reference to the Regulation of the Minister of Transportation of the Republic of Indonesia Number PM 63 of 2019.

The data in this study were obtained through a survey of service implementation in the field, distributing questionnaires to service users in the form of a Google Form, and requesting data from PT Railink. The contents of the questionnaire survey form are the characteristics of the respondents and the respondents' assessment of the satisfaction and importance of the performance of service attributes in accordance with the applicable Minimum Service Standards (SPM). From the questionnaire survey, 121 respondents were obtained, which was then analyzed using the Importance Performance Analysis (IPA) method to determine the value of the level of satisfaction and interest of service users. The method is processed using the Microsoft Excel application.

In the field survey, there were 6 service attributes at YIA airport stations and 4 service attributes on airport train trips that were not in accordance with the SPM. The 6 service attributes at the station are information and safety facilities, gathering points, toilets, places of worship, room temperature and an appeal to prohibit smoking. Then, the 4 service attributes on train travel are health information and facilities, supporting facilities, room temperature in the train and luggage racks. In the results of calculations using the IPA method, there are 4 service attributes that are in quadrant I. Quadrant I in the IPA Diagram is an attribute with high importance but has a low performance value. These attributes are the boarding area facilities at the station, the availability of toilets at the station, the room temperature on the train and luggage racks on the train.

Kata Kunci : Kepuasan pelanggan, Pelayanan pada kereta bandara, Importance Performance Analysis (IPA)

  1. S1-2023-431365-abstract.pdf  
  2. S1-2023-431365-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-431365-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-431365-title.pdf