Laporkan Masalah

Tingkat Kepuasan Pasien Pada Pemberian Orientasi Pasien Baru Dengan Media Audio Visual di Ruang Indraprastha 1 RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Salamatus Saidah, Ariani Arista Putri Pertiwi, S.Kep., Ns., MAN., DNP ; Totok Harjanto, S.Kep., Ns., M.Kes

2023 | Skripsi | ILMU KEPERAWATAN

Latar Belakang: Orientasi pasien Baru merupakan suatu usaha memberikan informasi atau sosialisasi kepada pasien dan keluarga tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan pelayanan selama di rumah sakit. Penggunaan media audio visual dalam pemberian informasi dan pendidikan kepada pasien sangat berguna dan efektif, baik untuk profesional maupun pasien dan berdampak pada kepuasan pasien.

Tujuan : Untuk mengetahui tingkat kepiuasan pasien pada pemberian orientasi pasien baru dengan media audio visual di ruang Indraprastha 1 RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.

Metode : penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan crossectional. Penelitian ini dilakukan pada April-Mei2023 dengan jumlah sampel 99 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data diambil menggunakan kuesioner yang diadaptasi dari instrumen kepuasan SERVQUAL. Uji validitas Pearson Product Moment dengan r tabel 0,279 menunjukkan hasil 0,441 – 0,858 untuk kriteria persepsi dan 0,622 – 0,882 untuk harapan. Hasil uji reliabilitas Cronbach Alpha menunjukkan nilai sebesar 0,959 untuk kriteria persepsi dan 0,964 untuk kriteria harapan. Analisa menggunakan uji deskriptif, CSI dan IPA.

Hasil: Tingkat kepuasan pasien 65,7 % sangat puas, 24,2 puas dan 10,1% cukup puas. Kesimpulan: Tingkat kepuasan pasien pada pemberian orientasi pasien baru dengan media audio visual dalam kriteria sangat puas.

Kata Kunci: Audio Visual ; Orientasi Pasien Baru; Tingkat Kepuasan pasien

Background : New patient orientation is an attempt to provide information  or socialization to patients and families about everything related to service while in hospital. The Use audio visual media in providing information and education to patients is very useful and effective, both for professionals and patients and has an impact on patient satisfaction 

Purpose: To determine the level of patient satisfaction in providing new patient orientation with audio-visual media in the Indraprastha 1 room at RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.

Method : This research was a quantitative descriptive with a cross-sectional approach. This research was conducted in April - May 2023 with a total sample of 99 respondents who were taken using a purposive sampling technique. Data were collected using a questionnaire adapted from the SERVQUAL satisfaction instrument. The Pearson Product Moment validity test with r table 0.279 shows the results of 0.441 – 0.858 for perception criteria and 0.622 – 0.882 for expectations. The results of the Cronbach Alpha reliability test showed a value of 0.959 for the perception criterion and 0.964 for the expectation criterion. Analysis using descriptive test, CSI and IPA.

Results: The level of patient satisfaction was 65.7% very satisfied, 24.2 satisfied and 10.1% quite satisfied.

Conclusion: The level of patient satisfaction in providing new patient orientation with audio-visual media in the Indraprasta I Room of RSUP Dr. Sardjito as a whole is included in the very satisfied criteria.

Keywords: Audio Visual ; New Patient Orientation; Patient Satisfaction level 

Kata Kunci : Audio Visual, Orientasi Pasien Baru, Tingkat Kepuasan Pasien

  1. S1-2023-475353-abstract.pdf  
  2. S1-2023-475353-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-475353-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-475353-title.pdf