Aplikasi Pemasaran Properti Immersive (Propertio) Berbasis Android
Galih Indra Firmansyah, Dinar Nugroho Pratomo, S.Kom., M.IM., M.Cs.
2023 | Tugas Akhir | D4 Teknologi Perangkat Lunak
Saat mencari properti, pembeli biasanya membaca
informasi tentang properti yang diiklankan melalui brosur ataupun website. Namun
seringkali informasi yang terdapat pada brosur atau website tersebut belum
cukup lengkap dan visualisasi bentuk bangunan yang terbatas sehingga pembeli
seringkali perlu melakukan survei
langsung ke lokasi
properti. Hal ini memakan banyak waktu, energi, dan biaya. Berdasarkan permasalahan tersebut dikembangkanlah aplikasi pemasaran properti immersive (Propertio) berbasis Android. Aplikasi
ini memberikan informasi lengkap
dan terperinci mengenai properti yang dicari. Pada aplikasi ini
terdapat fitur virtual tour 360 yang bisa menghadirkan pengalaman
imersif bagi pengguna saat memvisualisasikan bentuk bangunan properti yang
mereka cari. Pada
penelitian ini dibuat sebuah aplikasi pemasaran properti dengan nama Propertio berbasis
android dengan menggunakan arsitektur MVVM. Aplikasi ini dibangun menggunakan
bahasa pemrograman Kotlin, Jetpack Compose untuk membuat antarmuka, Retrofit
untuk berkomunikasi dengan REST API, dan Dagger-Hilt sebagai dependency
injection. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Propertio telah
layak digunakan oleh pengguna untuk memudahkan dalam mencari properti. Pada
pengujian instrumentasi yang bertujuan untuk menguji fungsionalitas aplikasi
ini berhasil melewati keseluruhan tes dari skenario pengujian yang dilakukan.
Pada pengujian responsif aplikasi ini juga memiliki kemampuan baik saat
digunakan pada ukuran layar dan resolusi perangkat yang berbeda-beda.
When looking for a property, buyers usually
read information about the property advertised through brochures or websites.
However, often the information contained in the brochure or website is not
complete enough and the visualization of the shape of the building is limited
so that buyers often need to conduct a survey directly to the location of the
property. This takes a lot of time, energy and money. Based on these problems, an Android-based immersive property marketing application (Propertio)
was developed. This
application provides complete and detailed information about the property you
are looking for. In this application there is a virtual tour 360 feature that
can provide an immersive experience for users when visualizing the shape of the
property building they are looking for. In
this study, a property marketing application was created with the name
Propertio based on Android using the MVVM architecture. This application is
built using the Kotlin programming language, Jetpack Compose to create
interfaces, Retrofit to communicate with REST APIs, and Dagger-Hilt as
dependency injection The results of the study
show that the Propertio application is suitable for use by users to make it
easier to find properties. In testing this application instrumentation
successfully passed all the tests from the test scenarios carried out. In
testing the responsiveness of this application also has good performance when
used on different screen sizes and device resolutions.
Kata Kunci : Pengembangan, Android, Properti, Virtual Tour, Immersive