STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA RELIGI MAKAM PAHLAWAN NASIONAL ALMAGFURULAHU MAULANA ASSYAIKH TGKH. MUHAMMAD ZAINUDDIN ABDUL MADJID DI PANCOR LOMBOK TIMUR MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT
Siti Yusrina Faozia, Dr. Mohamad Yusuf, M.A.
2023 | Skripsi | PARIWISATA
Makam Pahlawan Nasional Almagfurulahu Maulana Assyaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid merupakan salah satu wisata religi yang ada di Pulau Lombok. Tim Pengembang Makam Pahlawan Nasional Hamzanwadi memiliki rencana pengembangan terhadap makam ini. Namun, upaya dari tim pengembang yang bekerja secara sukarela belum optimal dalam memberikan kontribusi sepenuhnya pada pengembangan makam ini. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan yang dapat menjadi bahan acuan bagi tim pengembang. Hasil penelitian dapat membantu pihak internal dalam menjalankan rencana pengembangan berikutnya agar tidak terhambat oleh keterbatasan yang lain. Penelitian di makam ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah SWOT. Data penelitian didapatkan dengan melakukan wawancara dengan tim pengembang, pengunjung dan warga lokal. Hasil dari penelitian ini adalah adanya strategi pengembangan berdasarkan kombinasi variabel SWOT, yaitu SO, WO, ST, dan WT. Strategi SO yang diperoleh dari makam ini adalah menerapkan retribusi kunjungan makam dan Museum Hamzanwadi, memanfaatkan relasi tim pengembang dengan Pemda, memberdayakan dan meningkatkan kualitas SDM warga lokal, menjadikan makam sebagai ikon dan pusat informasi utama, dan bekerja sama dengan Pemda dalam mempromosikan paket wisata dan produk Yayasan. Strategi WO yang didapatkan dari makam ini adalah menginisiasi pembentukan Pokdarwis, membuat SOP dalam tim kerja untuk pengembangan makam, museum, dan TIC, dan menentukan visi, misi dan target untuk pengembangan wisata religi. Strategi ST yang diperoleh dari makam ini adalah meningkatkan keamanan di lingkungan makam, membuat tata tertib dan SOP. Strategi WT yang didapatkan dari makam ini adalah membentuk tim keamanan, tim kebersihan serta tata tertib di lingkungan makam.
The cemetery of the National Hero Almagfurulahu Maulanasysyaikh Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid is one of the religious tourist object in East Lombok, West Nusa Tenggara. The development team of the Cemetery of National Hero Hamzanwadi has got a plan to develop this cemetery, but the team who is working voluntarily without pay has not been working effectively in full contribution in the development of this cemetery. This research aims at formulating a development strategy which can be a reference for the development team. The findings of the research can help the internal side in carrying out the next development plan so as not to be hampered by other limitations. The research in this object used descriptive qualitative approach. The data analysis method used in this research is SWOT. The data research is collected by applying interviews with the development team, visitors and local people. The findings of this research are the existence of a development strategy based on a combination of SWOT variables, namely SO, WO, ST, and WT. SO strategy obtained from this cemetery are applying retribution of visiting the cemetery and Museum Hamzanwadi, taking advantage of the relationship between the development team and the local government, empowering and improving the quality of human resources of the local people, making the cemetery as an icon and the main information center, and cooperating with the local government in promoting tour packages and products of the Hamzanwadi Foundation. WO strategy obtained from this cemetery are initiating the formation of Pokdarwis (Tourism Awareness Group), creating a system of operational procedure in the team work to develop the cemetery, museum, TIC and determining the vision, mission and targets for the development of religious tourism. ST strategy obtained from this cemetery is improving security in the cemetery environment., creating rules and standard operating procedures. WT strategy obtained from this cemetery are forming a security team, cleaning team, and order in the cemetery environment.
Kata Kunci : Makam Pahlawan Nasional Almagfurulahu Maulana Assyaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, Analisis SWOT, Strategi Pengembangan/Cemetery of National Hero Almagfurulahu Maulanasysyaikh Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, SWOT Analysis,