Hubungan Antara Self-Disclosure Selebritas di Bubble dengan Parasocial Relationship pada Penggemar (Survei terhadap Penggemar NCT di Indonesia)
Azkhia Nur Amalia, Dr. Dian Arymami, S.I.P., M.Hum
2023 | Skripsi | Ilmu Komunikasi
Dalam beberapa tahun terakhir muncul berbagai aplikasi yang memfasilitasi penggemar untuk berkomunikasi dengan idolanya. Salah satunya adalah Lysn. Lysn memiliki fitur Bubble di mana penggemar yang berlangganan tiket selebritas tertentu dapat berkomunikasi dengan selebritas tersebut dengan kesan yang lebih personal. Fitur Bubble ini memungkinkan anggota NCT untuk melakukan self-disclosure. Hal ini juga memberi peluang bagi pengguna Bubble untuk terlibat dalam parasocial relationship.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara celebrity’s self-disclosure anggota NCT dan parasocial relationship dengan penggemarnya di Indonesia yang terjadi melalui Bubble. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei yang dilakukan secara daring. Survei ini melibatkan 385 responden dari penggemar NCT yang telah berlangganan Bubble selama minimal tiga bulan. Hasil penelitian menemukan bahwa celebrity’s self-disclosure dan parasocial relationship di Bubble memiliki korelasi yang positif. Uji korelasi menunjukkan nilai koefisien 0.299 yang berarti bahwa korelasi antara celebrity’s self-disclosure dan parasocial relationship berada pada tingkat keeratan yang cukup.
In recent years, various applications have emerged to facilitate fans to communicate with their idols. One of them is Lysn. Lysn has a Bubble feature where fans who subscribe to certain celebrity tickets can communicate with these celebrities with a more personal impression. This Bubble feature allows NCT members to do self-disclosure. This also provides an opportunity for Bubble users to engage in parasocial relationships.
This research was conducted to find out how the relationship between celebrity's self-disclosure of NCT members and the parasocial relationship with their fans in Indonesia that occurs through Bubble. This research is a quantitative research with a survey method conducted online. This survey involved 385 respondents from NCT fans who had subscribed to Bubble for at least three months. The results of the study found that celebrity's self-disclosure and parasocial relationship in Bubble had a positive correlation. The correlation test shows a coefficient value of 0.299 which means that the correlation between celebrity's self-disclosure and parasocial relationships is at a sufficiently level.
Kata Kunci : Celebrity’s Self-Disclosure, Parasocial Relationship, Lysn Bubble, NCT