Laporkan Masalah

Hubungan Keunggulan Produk Wisata dan Citra Destinasi dengan Keputusan Berkunjung Wisatawan di Desa Wisata Krebet, Kelurahan Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Maura Yesy Arinta, Dr. Mohammad Yusuf, M.A.

2023 | Skripsi | PARIWISATA

Penelitian ini dilakukan untuk menunjukkan Hubungan Keunggulan Produk Wisata dan Citra Destinasi dengan Keputusan Berkunjung Wisatawan di Desa Wisata Krebet yang merupakan tempat pengrajin batik kayu ternama di Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dari data yang diperoleh melalui angket atau kuesioner yang didistribusikan kepada 155 responden wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Krebet pada bulan Januari 2023 sampai dengan bulan Maret 2023 menggunakan puposive sampling. Data informasi lainnya diperoleh melalui dokumentasi dan studi pustaka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif produk wisata dengan keputusan berkunjung wisatawan di Desa Wisata Krebet berada pada tingkat hubungan yang kuat, yaitu sebesar 0,754 dan hubungan positif citra destinasi dengan keputusan berkunjung wisatawan di Desa Wisata Krebet berada pada tingkat hubungan yang kuat, yaitu sebesar 0,687. Memiliki makna bahwa kerajinan batik kayu yang khas dan unik, keindahan alam, keberagaman budaya dan kuliner lokal, ketersediaan fasilitas seperti, toilet, rumah makan, tempat parkir, mushola, homestay, dan toko cinderamata, serta kemudahan aksesibilitas, penataan objek wisata yang baik, dan jaminan keamanan yang diberikan dapat memotivasi dan meyakinkan wisatawan untuk melakukan kunjungan ke Desa Wisata Krebet.

This research aims to show the correlation between The Advantages of Tourism Products and Tourist Image Destination with Tourist Decision to Visit Krebet Tourism Village. This research focuses on Krebet Tourism Village which is a place for well-known batik craftsmen in Bantul, Yogyakarta. This study used descriptive quantitative research to collect data from 155 tourist respondents who visited Krebet Tourism Village from January 2023 to March 2023 using purposive sampling. Other information about the data gathered through documentation and literature research.

The result showed that the correlation between The Advantages of Tourism Products and Tourist Decision to Visit Krebet Tourism Village was at a strong level of correlation, which was 0,754 and the correlation between The Advantages of Tourist Image Destination and Tourist Decision to Visit Krebet Tourism Village was at a strong level of correlation, which was 0,687. It means that the distinctive and unique wooden batik crafts, natural beauty, cultural diversity, and local cuisine, as well as the availability of facilities such as toilets, restaurant, parking lots, prayer rooms, homestays, and souvenir shops, as well as easy accessibility, well-organized tourist attractions, and the security guarantee provided, can motivate and convince tourist to visit Krebet Tourism Village.

Kata Kunci : Produk Wisata, Citra Destinasi, Keputusan Berkunjung Wisatawan, Desa Wisata Krebet

  1. S1-2023-439520-abstract.pdf  
  2. S1-2023-439520-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-439520-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-439520-title.pdf