Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Intensi untuk Melamar Kerja yang Dimediasi oleh Reputasi Perusahaan
Aji Pangestu Nuswantoro, Reni Rosari, Dr., M.B.A.,
2023 | Skripsi | MANAJEMEN
Sumber daya manusia merupakan salah satu aset penting perusahaan. SDM yang berkualitas dapat menjadi tonggak kinerja perusahaan yang mumpuni dan memuaskan. Oleh karena itu, strategi akuisisi talen menjadi isu krusial untuk menarik SDM berkualitas untuk bergabung. Penelitian ini menguji pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap intensi untuk melamar kerja yang dimediasi oleh reputasi perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z di Indonesia dengan sampel mahasiswa semester akhir atau fresh graduate strata 1. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh CSR terhadap intensi untuk melamar kerja dan pengaruh tersebut dimediasi oleh reputasi perusahaan.
Human resource becomes one of the most vital assets for an organization. High-quality human resource also becomes a great driver for organizational performance. Thus, talent acquisition strategy to acquire talented human resource is important for organizations to attract highly talented individuals. This research aims to reveal the effect of corporate social responsibility (CSR) toward intention to apply with corporate reputation as the mediating variable. The population in this research is generation z in Indonesia and final-year students and bachelor's degree fresh graduates as the sample population. This research finds that CSR is highly influenced by intention to apply that mediated by corporate reputation.
Kata Kunci : SDM, CSR, Reputasi Perusahaan, Intensi untuk Melamar Kerja