Perancangan Desain Aplikasi Mobile Smart Greenhouse Melalui Penerapan User Interface dan User Experience (UI/UX)
Hedwigis Nasia Meirieta, Ir. Andri Prima Nugroho, S.T.P., M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng. ; Prof. Lilik Sutiarso, M.Eng., IPU
2023 | Skripsi | TEKNIK PERTANIAN
Smart Greenhouse dapat mengontrol dan memonitor lingkungan tanam dengan jarak jauh melalui aplikasi mobile. Namun beberapa aplikasi smart greenhouse yang ada saat ini memiliki desain antar muka atau user interface yang kurang menarik. Selain itu, keterbatasan fitur menyebabkan sistem yang dibangun kurang kompleks bagi upaya monitoring dan kontrol greenhouse. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain aplikasi mobile smart greenhouse melalui penerapan user interface dan user experience serta melakukan uji kinerja sistem desain melalui penilaian System Usability Scale (SUS). Prinsip design thinking meliputi empathize, define, ideate, prototype, dan test memudahkan proses identifikasi masalah pengguna, pencarian ide, hingga pembuatan prototype desain berjalan sesuai kebutuhan pengguna. Prototype desain dibuat dengan aplikasi Figma. Berdasarkan uji kinerja terhadap 10 calon pengguna, desain aplikasi mobile smart greenhouse dinyatakan acceptable dengan angka usability sebesar 82,75 dan masuk dalam kategori adjective excellent dengan grade A. Perancangan desain aplikasi mobile smart greenhouse berhasil dilakukan dengan menerapkan user interface dan user experience sehingga aplikasi memiliki tampilan yang menarik serta fitur yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Desain aplikasi yang dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna dapat memberikan pengalaman interaksi yang baik kepada pengguna.
Smart greenhouses can remotely control and monitor the planting environment through mobile applications. However, many smart greenhouse mobile applications need more attractive user interface designs and limited features, making the system less effective for greenhouse monitoring and controlling. This research aims to design a smart greenhouse mobile application incorporating user interface and user experience principles. The performance of the designed system is evaluated using the System Usability Scale (SUS) assessment. The design process follows five design thinking principles, including empathize, define, ideate, prototype, and test, facilitate identifying user problems and ensure the design prototype aligns with user needs. The design prototype is created using the Figma application. Based on feedback from ten potential users, the performance test results indicate a usability score of 82.75, which falls within the adjective excellent and grade A category. This outcome demonstrates that the application design for the smart greenhouse, developed with an attractive interface and user experience, has been successfully developed to create an attractive interface and features that meet user needs.
Kata Kunci : smart greenhouse, user interface, user experience, design thinking, system usability scale (SUS)