Analisis Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Loyalty dengan Brand Equity sebagai Variabel Mediasi Pada Akun Instagram PT Bank Rakyat Indonesia
Dandhi Raga Nata, Raden Roro Fosa Sarassina, M.BA., Ph.D.
2023 | Tugas Akhir | D4 PERBANKAN
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing dan brand
equity terhadap brand loyalty nasabah
BRI di Yogyakarta.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengaruh langsung dan tidak langsung dari
social media marketing dan brand equity terhadap brand loyalty.
Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan
hubungan kausan antara variabel variabel
melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 120 responden. Populasi dari penelitian
ini adalah nasabah
yang pernah dan dapat mengakses Instagram @bankbri_id.
Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis jalur dan uji sobel dengan
SPSS 25. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa social media marketing
memiliki pengaruh langsung terhadap brand equity. Brand equity
memiliki pengaruh langsung terhadap brand loyalty. Di lain sisi, social
media marketing tidak memiliki pengaruh langsung terhadap brand loyalty.
Social media marketing memiliki pengaruh tidak langsung terhadap brand
loyalty melalui brand equity.
This research aims to determine the influence of
social media marketing and brand equity on the brand loyalty of BRI customers
in Yogyakarta. The results of this study demonstrate the direct and indirect
effects of social media marketing and brand equity on brand loyalty. This
research is of explanatory nature, explaining the causal relationship between
variables through hypothesis testing. The sample for this study consisted of
120 respondents. The population of this research includes customers who have
accessed the Instagram account @bankbri_id. Data analysis in this study
utilized path analysis and Sobel test using SPSS 25. From the test results, it
can be concluded that social media marketing has a direct influence on brand
equity. Brand equity has a direct influence on brand loyalty. On the other
hand, social media marketing does not have a direct influence on brand loyalty.
Social media marketing has an indirect influence on brand loyalty through brand
equity.
Kata Kunci : Social media marketing, brand equity, brand loyalty