Laporkan Masalah

Pembentukan Kata Langage Enfantin dalam Buku Cerita Anak 100 Histoires du Soir (2021) Karya Sophie Carquain

Sekar Annisa Putri, Dr. Hayatul Cholsy, M.Hum.

2023 | Skripsi | SASTRA PERANCIS

Penelitian ini membahas mengenai pembentukan kosakata langage enfantin yang terdapat dalam buku kumpulan cerita anak berjudul 100 Histoires du Soir (2021) karya Sophie Carquain. Adanya keterbatasan bagi anak-anak dalam memproduksi berbagai bunyi bahasa menimbulkan munculnya bentuk baru dari berbagai kosakata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis jenis-jenis kosakata bahasa anak dan proses pembentukannya. Untuk menunjang penelitian ini, maka digunakan teori pemerolehan bahasa anak guna mengetahui secara umum tahapan-tahapan yang dilalui anak-anak dalam memperoleh bahasa yang mendasari terbentuknya bentuk baru dari kosakata bahasa anak. Selain itu, teori morfologi pembentukan kata juga digunakan untuk mengetahui proses pembentukan yang diaplikasikan kepada kosakata-kosakata tersebut. Data dikumpulkan dengan mengambil penggalan dialog ataupun narasi dalam buku tersebut dan diklasifikasi berdasarkan jenisnya. Adapun hasil dari penelitian ini adalah jenis-jenis kosakata yang terlebih dahulu dikuasai oleh anak-anak berkisar pada hal-hal yang sering dijumpai oleh mereka dalam kehidupan sehari-hari, yang dikelompokkan menjadi sapaan, bagian tubuh, aktivitas, tindakan kasih sayang, benda kesayangan, hewan, dan kondisi. Selain itu, pola pembentukan kosakata bahasa anak juga menyesuaikan dengan karakteristiknya yang sederhana. Proses pembentukan dari hasil analisis data bahasa anak meliputi perubahan makna, sufiksasi, onomatope, troncation (pemenggalan), redoublement (pengulangan), dan beberapa data yang mengalami lebih dari satu proses morfologi, yang meliputi gabungan antara onomatope dan redoublement, troncation dan redoublement, serta troncation dan sufiksasi. 

This research discusses the formation of children’s language vocabulary found in the story book 100 Histoires du Soir (2021) by Sophie Carquain. The limitations for children in producing language sounds lead to the emergence of producing new forms of various vocabularies. The purpose of this study is to categorize different types of children’s vocabularies and analyze their process of formation. To support this research, the theory of language acquisition in children is used to find out the stages in acquiring language which underlies the formation of children’s vocabularies. In addition, the morphological theory of word formation is also used to determine the process applied to those vocabularies. The data are obtained by taking fragments of dialog or narration which are then classified based on their types. The result indicates that the types of words that are first recognized by children revolved around things that they encounter in daily life, which are grouped into greetings, body parts, activities, affective actions, favorite objects, animals, and conditions. Furthermore, the pattern in forming children’s vocabularies also adapts to its simple characteristics. Based on the data, the formation process found in this research includes the changes in meaning, suffixation, onomatopoeia, troncation, redoublement, and some combination of the said process, namely the combination of onomatopoeia and redoublement, the combination troncation and redoublement, and lastly the combination of troncation and suffixation.

Kata Kunci : Pembentukan Kata, Pemerolehan Bahasa, Kosakata, Bahasa Anak

  1. S1-2023-443465-abstract.pdf  
  2. S1-2023-443465-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-443465-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-443465-title.pdf