Pengembangan Permen Cokelat Kubus Menggunakan Metode Value Engineering
Raden Rara Hana Avika Budiyanto, Anjar Ruspita Sari, S.T.P., M.Sc.
2023 | Tugas Akhir | D4 Pengembangan Produk Agroindustri
Kakao merupakan salah satu komoditi hasil perkebunan yang mempunyai
peran cukup penting dalam kegiatan perekonomian sebagai penghasil devisa
negara. Indonesia menjadi negara peringkat pertama di Asia dengan konsumsi
cokelat tertinggi yaitu sebesar 7,3 kg per kapita. Cokelat dipandang oleh
konsumen sebagai makanan yang dapat memberikan rasa menenangkan atau
menghilangkan stres. Konsumen yang membeli cokelat untuk konsumsi pribadi,
mengkonsumsi cokelat yang memiliki ukuran kecil menyebabkan konsumen bertindak
lebih impulsif untuk mengosumsi dalam jumlah yang lebih banyak. Konsumsi
cokelat dalam ukuran kecil (one bite size) memberikan kesan bahwa produk
memiliki gambaran premium dan kualitas lebih tinggi. Tujuan dari penelitian adalah
mengidentifikasi karakteristik cokelat yang mempengaruhi keputusan pembelian
produk dan mengembangkan permen cokelat kubus berukuran sekali makan menggunakan
metode value engineering. Penelitian menggunakan 433 responden dengan
kriteria konsumen cokelat berusia 15-40 tahun. Berdasarkan hasil penelitian diketahui
bahwa chocolate bar dan moulded chocolate adalah jenis cokelat
yang paling sering dikonsumsi dengan frekuensi 2-3 kali dalam sebulan. Konsumen
memiliki keluhan tertinggi saat mengkonsumsi cokelat yaitu lelehan cokelat yang
membuat tangan kotor karena cokelat berukuran besar dan sulit untuk digigit.
Berdasarkan analisis keinginan, konsumen menginginkan pengembangan permen cokelat
susu kubus dengan isian kacang-kacangan. Empat
alternatif konsep cokelat susu kubus dengan persentase massa kakao 50% disusun
menggunakan 2 variasi jumlah biji kakao dan lemak kakao (40%:10?n 35%:15%)
serta 2 variasi jenis kacang (almond dan Mete). Berdasarkan hasil uji
hedonik, cokelat susu kubus dengan formula 10% lemak kakao dan isian kacang
mete memiliki nilai produk tertinggi yaitu 0,013 dibandingkan formula lainnya. Warna
cokelat dan kemudahan dimakan menjadi bobot atribut dengan bobot yang
tertinggi. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa cokelat susu kubus formula 40% biji kakao; 10% lemak
kakao, isian kacang mete menjadi formula terpilih dengan HPP sebesar Rp 985,00.
Cocoa
is one of the plantation commodities that has an important role in economic
activities as a foreign exchange earner. Indonesia is ranked first in Asia with
the highest consumption of chocolate, which is 7,3 kg per capita. Chocolates
are seen by consumers as a comfort food or stress relief. For consumers who buy
chocolate for their own consumption, consuming chocolate in a small size causes
consumers to act more impulsively to consume larger quantities. Consumption of
chocolate in small sizes (one bite size) gives the impression that the product
has a premium image and higher quality. The purpose of this study was to
identify the characteristics of chocolate that influence the decisions of
product purchasing and to develop one-bite-sized chocolate cubes using the value
engineering method. The study used 433 respondents with the criteria of
chocolate consumers aged 15-40 years. Based on the research, chocolate bars and
molded chocolate are the types of chocolate most often consumed with a
frequency of 2-3 times a month. Consumers have the highest complaints when
consuming chocolate, namely melted chocolate which makes hands dirty due to its
big size and is too hard to bite. Based on the consumer needs analysis,
consumers want the development of milk chocolate cube candy with nuts filling.
Four alternative cube milk chocolate concepts with a cocoa mass percentage of
50% were prepared using 2 variations in the number of cocoa beans and cocoa fat
(40%:10% and 35%:15%) and 2 variations of nuts (almonds and cashews). Based on the hedonic test results, milk
chocolate cubes with a formula of 10% cocoa butter and cashew nut filling had
the highest product value of 0,013 compared to other formulas. Chocolate color
and ease of eating are the attribute weights with the highest weights. So it
can be concluded that the milk chocolate cube formula is 40% cocoa beans; 10%
cocoa butter, cashew nut filling is the selected formula with a HPP of IDR 985,00.
Kata Kunci : Permen Cokelat Kubus, Ukuran Sekali Makan, Value Engineering