Laporkan Masalah

Pengaruh Brand Personality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Fore Coffee di Yogyakarta

Almas Syarifah Hakim, Dr. Ir. Didik Purwadi, M.Ec. ; Dr. Darmawan Ari Nugroho, S.T.P., M.P.

2023 | Skripsi | TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Prospek bisnis kedai kopi di Indonesia semakin besar. Riset yang dilakukan oleh

Toffin mengungkapkan bahwa di tahun 2019 bisnis kedai kopi mencapai nilai pasar

Rp4,8 triliun per tahun. Di Yogyakarta, Komunitas Kopi Nusantara mencatat bahwa

di tahun 2022 terdapat lebih dari 3.000 kedai kopi dengan perputaran uang lebih

dari Rp360 miliar per tahun. Fore Coffee sebagai salah satu bisnis dan brand kedai

kopi yang ada di Yogyakarta menduduki peringkat 4 Top Brand Index di tahun

2022. Vico Lomar memiliki misi bagi Fore Coffee untuk mempertegas keberadaan

brand-nya di berbagai kalangan. Di tengah ketatnya persaingan berbagai brand

kedai kopi, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Fore Coffee untuk

mewujudkan misinya. Untuk mempertegas brand, Fore Coffee perlu memahami

brand personality yang dimiliki. Berangkat dari sini, peneliti melakukan penelitian

yang bertujuan untuk menentukan pengaruh brand personality terhadap keputusan

pembelian konsumen di Fore Coffee Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan

pada 103 responden melalui penyebaran kuesioner secara luring di gerai Fore

Coffee yang terletak di Jalan Kaliurang KM 5, Karangwuni, Caturtunggal, Depok,

Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Analisis data menggunakan metode regresi

linier berganda dengan uji F ANOVA, uji koefisien determinasi, dan uji parsial t

dengan software IBM SPSS Statistics 26. Hasil uji F ANOVA menunjukkan bahwa

kelima dimensi brand personality secara simultan memberikan pengaruh yang

signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Fore Coffee Yogyakarta

dengan R square pada uji koefisien determinasi sebesar 0,65. Uji parsial t

menunjukkan bahwa dimensi brand personality yang berpengaruh signifikan

terhadap keputusan pembelian konsumen di Fore Coffee Yogyakarta adalah

sincerity dan competence.

The business prospects of coffee shops in Indonesia are growing larger. Research

conducted by Toffin revealed that in 2019, the coffee shop business reached a

market value of Rp4.8 trillion per year. In Yogyakarta, the Kopi Nusantara

Community noted that in 2022, there were more than 3,000 coffee shops with a

turnover of over Rp360 billion per year. Fore Coffee, as one of the coffee shop

businesses and brands in Yogyakarta, ranked 4th in the Top Brand Index in 2022.

Vico Lomar has a mission for Fore Coffee to strengthen its brand presence among

various groups. In the midst of intense competition among various coffee shop

brands, this poses a challenge for Fore Coffee to realize its mission. To strengthen

the brand, Fore Coffee needs to understand its brand personality. Based on this, the

researcher conducted a study aimed at determining the influence of brand

personality on consumer purchasing decisions at Fore Coffee Yogyakarta. Data

collection was conducted on 103 respondents through offline distribution of

questionnaires at the Fore Coffee outlet located on Jalan Kaliurang KM 5,

Karangwuni, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta Special Region. Data

analysis was performed using multiple linear regression with the F ANOVA test,

coefficient of determination test, and partial t-test using IBM SPSS Statistics 26

software. The results of the F ANOVA test showed that all five dimensions of brand

personality together have a significant influence on consumer purchasing decisions

at Fore Coffee Yogyakarta, with an R square value of 0.65 in the coefficient of

determination test. The partial t-test showed that the brand personality dimensions

that have a significant influence on consumer purchasing decisions at Fore Coffee

Yogyakarta are sincerity and competence.

Kata Kunci : Brand Personality, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian, Fore Coffee Yogyakarta, Regresi Linier Berganda

  1. S1-2023-444124-abstract.pdf  
  2. S1-2023-444124-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-444124-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-444124-title.pdf