A CONCEPTUAL METAPHOR ANALYSIS OF DONALD TRUMP’S PRESIDENTIAL CAMPAIGN SPEECH 2016 AND 2022
Bhakti Adzani, Dr. Ni Gusti Ayu Roselani, M.A.
2023 | Skripsi | SASTRA INGGRIS
Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis penggunaan metafora konseptual dalam pidato kampanye presiden
Donald Trump pada tahun 2016 dan 2022, guna memahami bagaimana Donald Trump
menggunakan strategi persuasif yang memberikan wawasan tentang bagaimana
metafora secara strategis digunakan untuk membentuk persepsi publik dan
menyampaikan visinya untuk masa depan. Penelitian ini menemukan bahwa dari 92
pernyataan yang dianalisis, terdapat 14 metafora dalam pidato tahun 2016 dan 20
metafora dalam pidato tahun 2022. Metafora POLITIK ADALAH PERANG
dan POLITIK
ADALAH OLAHRAGA dominan dalam kedua pidato tersebut,
yang menekankan sifat kompetitif dan strategis politik. Metafora WAKTU
ADALAH UANG juga dominan dalam pidato tahun 2016, yang
menyoroti pentingnya efisiensi dan produktivitas dalam mencapai tujuan politik.
Dalam pidato tahun 2022, metafora yang dominan meliputi AKSI
ADALAH GERAKAN, NEGARA ADALAH SEORANG, SIGNIFIKAN ADALAH BESAR,
dan PERISTIWA
ADALAH TINDAKAN, yang menekankan pentingnya pengambilan
tindakan tegas, menggambarkan negara sebagai individu, menekankan dampak, dan
menggambarkan peristiwa sebagai proses yang dinamis.
This
study aims to analyze the use of conceptual metaphor in Donald Trump's
presidential campaign speeches in 2016 and 2022, to understand how Donald Trump
used persuasive strategies which shedding light on how metaphors are
strategically employed to shape public perception and convey his vision for the
future. The study found that out of the 92 statements analyzed, there were 14
metaphors in the 2016 speech and 20 metaphors in the 2022 speech. The metaphors
POLITICS
IS WAR
and POLITICS
IS SPORT
were prevalent in both speeches, emphasizing the competitive and strategic nature
of politics. The metaphor TIME IS MONEY
was prominent in the 2016 speech, highlighting the importance of efficiency and
productivity in achieving political goals. In the 2022 speech, dominant
metaphors included ACTION IS MOTION, COUNTRY IS A PERSON,
SIGNIFICANT IS BIG, and EVENTS ARE ACTIONS
underscoring the importance of decisive actions, portraying the nation as an
individual, emphasizing impact, and portraying events as dynamic processes.
Kata Kunci : metafora konseptual, liinguistik kognitif, pidato kampanye presiden, wacana politik.