Analisis Public Value melalui Pendidikan Informal Oleh Komunitas Yogyakarta Mengajar: Studi Kasus
Nurul Fatimah Kusgiyarto, Dr. Subando Agus Margono, M.Si
2023 | Skripsi | ILMU ADMINISTRASI NEGARA (MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK)
Penelitian ini ingin melihat apakah sebuah komunitas
sosial yang merupakan aktor non publik
dapat mewujudkan public value atau
nilai publik. Public value yang mulanya hanya diciptakan oleh pemerintah
saja, seiring dengan berkembangnya zaman, individu, masyarakat, ataupun
kelompok sosial mampu menciptakan public value. Komunitas merupakan kelompok sosial yang merupakan
lembaga non formal berbasis sukarela. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan utama berjumlah 5
orang yang terdiri dari ketua Yogyakarta Mengajar 2021/2022, ketua wilayah, dan
stakeholder wilayah dampingan.
Pegumpulan data menggunakan wawancara dan obaservasi. Proses sampling dilakukan
menggunakan purposive sampling dan
observasi partisipatory. Penguji
keabsahan penelitian menggunakan triangulasi data dengan method checking. Hasil penelitian menunjukan bahwa value di hadirkan oleh Yogyakarta Mengajar melalui pelaksanaan program,
kepercayaan, dan partisipasi aktif oleh relawan dan masyarakat yang nampak dari
memberikan pendampingan belajar informal yang mengedepankan memajukan karakter
anak, keterbukaan partisipasi, kepercayaan yang diberikan kepada Yogyakarta
Mengajar, kolabolasi yang terjalin pada pelaksanaan program.
This research wants to see whether a social community which is a
non-public actor can embody public values ??or public values. Initially, the public
value was only created by the government, but with the development of the
times, individuals, communities, or social groups are able to create public
value. Community is a social group which is voluntary-based non-formal
institution. The research method used is a qualitative method with a case study
approach. The main participants are 5 people consisting of the chair of
Yogyakarta Mengajar 2021/2022, the regional head of assisted area, and the stakeholders
of the assisted area. Data collection using interviews and observations. The
sampling process was carried out using purposive sampling and participatory
observation. Testing the validity of the research using data triangulation with
the checking method. The results of the study show that Yogyakarta Mengajar
values ??are presented through program implementation, trust, and active
participation by volunteers and the community that can be seen from providing
informal learning assistance that promotes advancing children’s character,
participation openness, trust given to Yogyakarta Mengajar, collaboration that
exists in program implementation.
Kata Kunci : Public Value, Komunitas Mengajar, Komunitas Pendidikan Informal