Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Yoghurt Drink
Wini Melinasari, Ir. Mujtahidah Anggriani Ummul Muzayyanah, S.Pt., M.P., Ph.D., IPM.
2023 | Skripsi | ILMU DAN INDUSTRI PETERNAKAN
Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel persepsi harga, kualitas produk,
dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk yoghurt drink. Pengambilan
data penelitian ini dilakukan menggunakan purposive sampling dengan alat bantu
kuesioner melalui google form. Populasi sasaran penelitian adalah
konsumen berumur di atas 17 tahun yang telah melakukan pembelian yoghurt drink
paling sedikit dua kali. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 300
responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis dekriptif dan analisis regresi linear berganda yang meliputi uji t, uji
F, dan uji R². Hasil uji R² menunjukkan bahwa keputusan pembelian dijelaskan
sebesar 59,8% oleh variabel persepsi harga, kualitas produk, dan citra merek
dan sisanya sebesar 40,2% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel
independen yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa persepsi harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk
yoghurt drink (?=0,341;
p?0,05). Kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian
produk yoghurt drink (?=0,259;
p?0,05). Citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk
yoghurt drink (?=0,424;
p?0,05).
This
study aims to analyze the influence of price perception variables, product
quality, and brand image on the purchasing decision for yogurt drink products.
The research instrument was carried out using purposive sampling with a
questionnaire through Google Forms. The research target population is consumers
aged over 17 who have purchased yogurt drinks at least twice. The number of
samples used was 300. The data analysis method used in this study is
descriptive analysis and multiple linear regression analysis, which includes the t
test, F test, and R² test. The results of the R² test show that the purchase decision is
explained by 59.8% by the variables perceived price, product quality, and brand
image, and the remaining 40.2% by other variables outside the independent
variables used in this study. The results showed
that price perceptions had a positive effect on purchasing decisions for yogurt
drink products (?=0.341; p?0.05).
Product quality has a positive effect on purchasing decisions for yogurt drink
products (?= 0.259; p?0.05).
Brand image has a positive effect on purchasing decisions for yogurt drink
products (?=0.424; p?0.05).
Kata Kunci : Citra merek, Keputusan pembelian, Kualitas produk, Persepsi harga