Laporkan Masalah

Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Yoghurt Drink

Wini Melinasari, Ir. Mujtahidah Anggriani Ummul Muzayyanah, S.Pt., M.P., Ph.D., IPM.

2023 | Skripsi | ILMU DAN INDUSTRI PETERNAKAN

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel persepsi harga, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk yoghurt drink. Pengambilan data penelitian ini dilakukan menggunakan purposive sampling dengan alat bantu kuesioner melalui google form. Populasi sasaran penelitian adalah konsumen berumur di atas 17 tahun yang telah melakukan pembelian yoghurt drink paling sedikit dua kali. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 300 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dekriptif dan analisis regresi linear berganda yang meliputi uji t, uji F, dan uji R². Hasil uji R² menunjukkan bahwa keputusan pembelian dijelaskan sebesar 59,8% oleh variabel persepsi harga, kualitas produk, dan citra merek dan sisanya sebesar 40,2% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk yoghurt drink (?=0,341; p?0,05). Kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk yoghurt drink (?=0,259; p?0,05). Citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk yoghurt drink (?=0,424; p?0,05). 

This study aims to analyze the influence of price perception variables, product quality, and brand image on the purchasing decision for yogurt drink products. The research instrument was carried out using purposive sampling with a questionnaire through Google Forms. The research target population is consumers aged over 17 who have purchased yogurt drinks at least twice. The number of samples used was 300. The data analysis method used in this study is descriptive analysis and multiple linear regression analysis, which includes the t test, F test, and R² test. The results of the R² test show that the purchase decision is explained by 59.8% by the variables perceived price, product quality, and brand image, and the remaining 40.2% by other variables outside the independent variables used in this study. The results showed that price perceptions had a positive effect on purchasing decisions for yogurt drink products (?=0.341; p?0.05). Product quality has a positive effect on purchasing decisions for yogurt drink products (?= 0.259; p?0.05). Brand image has a positive effect on purchasing decisions for yogurt drink products (?=0.424; p?0.05).

Kata Kunci : Citra merek, Keputusan pembelian, Kualitas produk, Persepsi harga

  1. S1-2023-446080-abstract.pdf  
  2. S1-2023-446080-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-446080-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-446080-title.pdf