Pengaruh Kesadaran Merek dan Kualitas Yang Dirasakan Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang Produk Sosis
RISTA BELLA A, Dr. Ir. Suci Paramitasari Syahlani, M.M., IPM.
2023 | Skripsi | S1 ILMU DAN INDUSTRI PETERNAKAN
Persaingan industri sosis di
Indonesia diikuti oleh berbagai perusahaan nasional dan multinasional. Terdapat
lebih dari 1500 merek yang beredar di pasar Indonesia dan masing-masing memiliki
ciri khas yang berbeda satu dengan yang lain. Cara yang dapat dilakukan untuk menjaga keberlangsungan usaha dalam persaingan
industri sosis adalah mempertahankan konsumen untuk melakukan pembelian ulang.
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Menganalisis
pengaruh kesadaran merek terhadap kualitas yang dirasakan konsumen. (2) Menganalis
pengaruh kualitas yang dirasakan terhadap niat beli ulang pada produk sosis. (3) Menganalisis pengaruh kesadaran merek terhadap niat beli ulang konsumen pada
produk sosis. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah purposive sampling dengan kriteria : responden berusia minimal 17 tahun
dan pernah melakukan pembelian atau mengonsumsi sosis dalam tiga bulan terakhir.
Subjek dalam penelitian ini sebanyak 160 responden. Pengambilan data dilakukan
menggunakan instrumen kuesioner yang didistribusikan secara daring (dalam
jaringan). Analisis data pada penelitian ini dengan analisis jalur menggunakan
perangkat lunak Smart PLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan terdapat
pengaruh positif kesadaran merek pada kualitas yang dirasakan konsumen produk
sosis (? = 0,759). Kualitas yang dirasakan berpengaruh
positif pada niat beli ulang (? = 0,777). Namun demikian, kesadaran merek tidak
berpengaruh terhadap niat beli ulang produk sosis (? = -0,062).
Competition in the
sausage industry in Indonesia consists of various national and multinational
companies. There are more than 1500 brands distributed in Indonesian market,
each with its own distinct characteristics. One way to maintain business
sustainability in the sausage industry is to retain customers for repeat
purchases. The objectives of this research are as follows: (1) To analyze the
influence of brand awareness on consumers perceived quality. (2) To analyze the
influence of consumers perceived quality on sausage products repurchase
intention. (3) To analyze the influence of brand awareness on sausage product
repurchase intention. Respondents were determined by the purposive sampling
method with the criteria that respondents were at least 17 years old and had
purchased or consumed sausages in the past three months. The total number of
respondents collected was 160. Data was collected by distributing an online
questionnaire and was analyzed using path analysis with Smart PLS 4.0 software.
The results indicated that brand awareness positively influence consumers
perceived quality of sausage products (?
= 0,759). Perceived quality positively affected repurchase
intention (? =
0,759). However, brand awareness does not have influenced on sausage product
repurchase intention (? =
-0,062).
Kata Kunci : Kesadaran merek, Kualitas yang dirasakan, Niat beli ulang