Laporkan Masalah

Analisis Kinerja Keuangan PT Bank Danamon Indonesia Sebelum dan Setelah Diakuisisi Oleh MUFG

Desti Permata Sari, Ibu Sukmawati Sukamulja, Prof., Dr., M.M

2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Bank Danamon Indonesia adalah salah satu dari 10 besar Bank Swasta terbesar di Indonesia dari sisi aset. Bank MUFG merupakan bank terbesar di Jepang berdasarkan aset yang bergerak dalam segmentasi nasabah korporasi. Akuisisi Bank Danamon oleh MUFG akan menciptakan sinergi yang lebih besar dan meningkatkan performa Bank Danamon.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan kinerja keuangan Bank Danamon sebelum dan setelah diakuisisi dengan membandingkan periode sebelum akuisisi selama empat tahun dan periode setelah akuisisi selama empat tahun. Akuisisi terjadi secara bertahap dimulai dari tahun 2017. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan Analisis RGEC dan tren serta dilakukan Uji Deskriptif dan Uji Wilcoxon Signed Rank Test.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan Uji Wilcoxon tidak terdapat perbedaan sebelum dan setelah diakuisisi pada indikator kinerja keuangan yaitu NPL, LDR, ROA, ROE, NIM sedangkan pada indikator CAR terdapat perbedaan sebelum dan setelah akuisisi. Dapat disimpulkan bahwa akuisisi MUFG terhadap Bank Danamon memberikan dampak signifikan terhadap CAR Bank Danamon.

Bank Danamon Indonesia is one of them of the top 10 private banks the largest in Indonesia from side asset. MUFG Bank is biggest bank in Japan based on moving assets in segmentation customers corporation. The acquisition of Bank Danamon by MUFG will create bigger synergy and improve Bank Danamon's performance.

Objective of the study is to observe difference financial performance Bank Danamon with compare period before acquisition for four years and period after acquisition for four years. Acquisition happens gradually starting from 2017. The method used is using RGEC Analysis and trends as well as Descriptive Test and Wilcoxon Signed Rank Test were carried out.

The conclusion from study based on the Wilcoxon Test is no difference before and after acquired from indicator performance finance NPL, LDR, ROA, ROE, NIM while the CAR indicator is their difference before and after acquisition. Can concluded that MUFG's acquisition of Bank Danamon has impact significant against Bank Danamon's CAR.

Kata Kunci : Akuisisi, RGEC, Wilcoxon Signed Rank Test, Bank Danamon, MUFG, Kinerja Keuangan

  1. S2-2023-485089-abstract.pdf  
  2. S2-2023-485089-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-485089-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-485089-title.pdf