Laporkan Masalah

EKSPLORASI ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN PENGARUHNYA PADA PENCIPTAAN USAHA BARU: STUDI PADA GENERASI MILENIAL ETNIS TIONGHOA DI INDONESIA

Joseph Stephen Rinandy, Prof. Nurul Indarti, Sivilokonom., Cand.Merc., Ph.D.

2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Negara Cina adalah salah satu negara dengan nilai ekonomi terbesar di dunia dengan kewirausahaan yang berkontribusi besar terhadap pembangunan ekonomi di Cina. Terdapat diaspora Tionghoa yang cukup besar di seluruh dunia dan orang Tionghoa perantauan yang khususnya menetap di Asia Tenggara. Mereka memiliki reputasi unggul dalam kegiatan kewirausahaan yang secara umum sukses secara fenomenal. Status minoritas etnis Tionghoa umumnya mengalami diskriminasi dan marginalisasi oleh negara tuan rumah yang tidak bersahabat terhadap mayoritas penduduk asli mereka. Kondisi tersebut mendukung kesuksesan dari bisnis yang dijalankan oleh etnis Tionghoa yang salah satunya terjadi di Indonesia. Pengaruh etnis Tionghoa di dalam dominasi perkembangan bisnis yang ada di Indonesia perlu dianalisis lebih lanjut untuk melihat nilai orientasi kewirausahaan dan penciptaan usaha baru yang ada pada generasi milenial etnis Tionghoa di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur orientasi kewirausahaan generasi milenial etnis Tionghoa di Indonesia yang dilihat dari dimensi inovatif, keberanian mengambil risiko, dan proaktif serta mengukur aktivitas penciptaan usaha baru dan melihat pengaruhnya antar variabel. Pengumpulan data menggunakan metode survei dengan penyebaran kuesioner kepada 333 responden. Berdasarkan hasil survei, hasil analisis data deskriptif untuk nilai orientasi kewirausahaan generasi milenial etnis Tionghoa di Indonesia masuk ke dalam kategori tinggi dengan nilai dimensi proaktif tertinggi dibandingkan terhadap kedua dimensi lainnya. Hasil analisa data secara deskriptif untuk aktivitas penciptaan usaha baru menunjukkan bahwa intensitas kegiatan tersebut dilakukan secara sering dengan nilai tertinggi diperoleh untuk aktivitas mempersiapkan potensi keuntungan. Terdapat hubungan yang signifikan antara orientasi kewirausahaan serta masing-masing dimensi tersebut terhadap penciptaan usaha baru.

China is one of the countries with the largest economic value in the world that is supported by entrepreneurship, which greatly contributes to China's economic development. There is a Chinese diaspora throughout the world, and overseas Chinese, particularly those living in Southeast Asia. They have a reputation for excellence and generally phenomenal success in entrepreneurial activity. The ethnic Chinese minority status generally experiences discrimination and marginalization by the host country, which is not friendly towards the majority of their native population. These conditions support the success of businesses run by ethnic Chinese, one of which occurs in Indonesia. The influence of Chinese ethnicity in dominating business development in Indonesia needs to be analyzed further to see the value of entrepreneurship orientation and new venture creation that exist in the millennial generation of Chinese ethnicity in Indonesia. This study aims to measure the entrepreneurship orientation on millennial generation of Chinese ethnicity in Indonesia from the dimensions of innovativeness, risk taking, and proactiveness, as well as measure the activity of new venture creation and see the correlations between variables. Data collection used the survey method by distributing questionnaires to 333 respondents. Based on the survey results, the results of descriptive data analysis for the value of the entrepreneurship orientation on millennial generation of Chinese ethnicity in Indonesia are in the high category with the highest proactiveness dimension value compared to the other two dimensions. The results of descriptive data analysis for new venture creation activities show that the intensity of these activities is carried out frequently, with the highest value obtained for the activity of preparing potential profits. There is a significant relationship between entrepreneurial orientation and each of these dimensions in new venture creation.

Kata Kunci : orientasi kewirausahaan, penciptaan usaha baru, generasi milenial etnis Tionghoa

  1. S2-2023-485890-abstract.pdf  
  2. S2-2023-485890-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-485890-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-485890-title.pdf