ANALISIS STRATEGI MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN STUDI PADA PT WIKA INDUSTRI KONSTRUKSI
Agus Basuki, Rusdi Akbar, MSc, Ph.D., CMA,.Ak,. CA
2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Setiap perusahaan dapat dikatakan tumbuh dan
berkembang manakala dapat menjaga profit dan penjualannya. Tahun 2019, PT WIKA INDUSTRI
KONSTRUKSI sebagai salah satu anak perusahaan PT WIKA (Persero) telah melakukan
aksi korporasi dalam rangka mempercepat pertumbuhan perusahaan, dengan
melakukan akuisi pabrik dan mendirikan pabrik baru untuk meningkatkan kapasitas
produksi dan sekaligus migrasi ke produksi berbasis otomasi, dengan sasaran utama menjadi 3 besar pemain baja konstruksi di
Indonesia. Baru berjalan satu tahun berinvestasi perusahaan terkena dampak
pandemi Covid-19 yang mempengaruhi kinerja perusahaan secara masif. Sebagai
perusahaan yang sudah mempunyai kompetensi tinggi untuk bertanding di pasar,
Perusahaan perlu melakukan segala cara untuk tetap hidup ditengah prahara yang
terjadi.
Memasuki masa pemulihan selesai pandemi mestinya
ekonomi mulai membaik akan tetapi gangguan terjadi lagi yaitu perang
Rusia-Ukraina yang mempengaruhi rantai pasok dunia. Sehingga perusahaan perlu
mengatur kembali strategi yang tepat untuk menghadapi masa depan. Tinjuan perlu
dilakukan dengan melihat kembali aspek aspek yang mempengaruhi kinerja berjalan
untuk mendapatkan kondisi internal perusahaan dan situasi eksternal lingkungan
industri terkini.
Strategi baru dibuat dengan mempertimbangkan aspek
kekuatan dan kelemahan perusahaan apakah sudah dapat menghadapi ancaman dari
luar dan bagaimana peluang yang ada diluar dapat dimanfaatkan oleh perusahaan
dengan kekuatan yang ada saat ini.
Penelitian menggunakan metode deskriptif
kualitatif dengan melakukan wawancara terhadap manajemen perusahaan yang
berkompeten untuk mendapatkan data primer kemudian dibandingkan dengan data
laporan tahunan dan berita dari luar perusahaan. Data dikelompokkan dan dianalisis
dengan kerangka kerja internal ekternal faktor, SWOT analisis, sampai matrik SPACE
untuk mendapatkan aspek apa saja yang berpengaruh terhadap kinerja. Kerangka
kerja analisis juga menghasilkan rekomendasi kepada perusahaan, yang dapat
dijadikan dasar acuan perusahaan untuk menyusun ulang strategi yang lebih kuat.
Hasil analisis memberikan gambaran bahwa Wikaikon menurut analisis internal eksternal ada
diposisi pertahankan dan tingkatkan, matrik SPACE merekomendasikan Wikaikon
siap untuk bersaing. Kapabilitas kuat, kemampuan tinggi tetapi tidak banyak
pelanggan yang mengetahuinya sehingga perlu pemasaran kepada pelanggan terutama
melalui konsultan desain, dan pengembang swasta untuk mempromosikan kemampuan
tersebut. Menghadapi pasar yang semakin sedikit akibat situasi politik yang masih
menunggu stabil, fokus pemasaran lebih kearah konsultan desain. Wikaikon juga perlu fokus memperkuat likuiditas dengan
menjaga arus kas pembayaran ke pemasok tepat waktu ini.
Kata Kunci : Investasi, Pandemi, Kinerja, Strategi.
Every company can be said to grow and develop when
it can maintain profits and sales. In 2019, PT WIKA INDUSTRI KONSTRUKSI as a
subsidiary of PT WIKA (Persero) has taken corporate actions in order to
accelerate the company's growth, by acquiring factories and establishing new
factories to increase production capacity and at the same time migrate to
automation-based production, with the main target become the top 3 players in
construction steel in Indonesia. It has only been one year since investing in
companies affected by the Covid-19 pandemic which has massively affected
company performance. As a company that already has high competence to compete
in the market, the Company needs to do everything it can to survive in the
midst of this tempest. Entering the recovery period after the pandemic,
the economy should have started to improve but disturbances occurred again,
namely the Russia-Ukraine war which affected world supply chains. So the
company needs to rearrange the right strategy to face the future. Review needs
to be done by looking back at the aspects that affect current performance to
get the company's internal conditions and the latest external industrial
environment situation. The new strategy is made by considering aspects of
the company's strengths and weaknesses, whether it can face external threats
and how opportunities that exist outside can be exploited by the company with
its current strengths. The study used a qualitative descriptive method by
conducting interviews with competent company management to obtain primary data
and then compared it with annual report data and news from outside the company.
The data is grouped and analyzed with the internal external factor framework,
SWOT analysis, to the SPACE matrix to get what aspects influence performance.
The analytical framework also generates recommendations to the company, which can
be used as a basis for the company to reconstruct a stronger strategy. The results of the analysis provide an
illustration that according to the internal external analysis, Wikaikon is in a
position to maintain and improve, the SPACE matrix recommends that Wikaikon be
ready to compete. Strong capability, high capability but not many customers
know about it, so it needs marketing to customers, especially through design
consultants and private developers to promote these capabilities. Facing a
shrinking market due to the political situation that is still waiting for
stability, the marketing focus is more towards design consultants. Wikaikon
also needs to focus on strengthening liquidity by maintaining the cash flow of
timely payments to suppliers.
Kata Kunci : Investment , Pandemic , Performance, Strategy,