Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN STUDI PADA PT WIKA INDUSTRI KONSTRUKSI

Agus Basuki, Rusdi Akbar, MSc, Ph.D., CMA,.Ak,. CA

2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

  

Setiap perusahaan dapat dikatakan tumbuh dan berkembang manakala dapat menjaga profit dan penjualannya. Tahun 2019, PT WIKA INDUSTRI KONSTRUKSI sebagai salah satu anak perusahaan PT WIKA (Persero) telah melakukan aksi korporasi dalam rangka mempercepat pertumbuhan perusahaan, dengan melakukan akuisi pabrik dan mendirikan pabrik baru untuk meningkatkan kapasitas produksi dan sekaligus migrasi ke produksi berbasis otomasi,  dengan sasaran utama  menjadi 3 besar pemain baja konstruksi di Indonesia. Baru berjalan satu tahun berinvestasi perusahaan terkena dampak pandemi Covid-19 yang mempengaruhi kinerja perusahaan secara masif. Sebagai perusahaan yang sudah mempunyai kompetensi tinggi untuk bertanding di pasar, Perusahaan perlu melakukan segala cara untuk tetap hidup ditengah prahara yang terjadi.

Memasuki masa pemulihan selesai pandemi mestinya ekonomi mulai membaik akan tetapi gangguan terjadi lagi yaitu perang Rusia-Ukraina yang mempengaruhi rantai pasok dunia. Sehingga perusahaan perlu mengatur kembali strategi yang tepat untuk menghadapi masa depan. Tinjuan perlu dilakukan dengan melihat kembali aspek aspek yang mempengaruhi kinerja berjalan untuk mendapatkan kondisi internal perusahaan dan situasi eksternal lingkungan industri terkini.

Strategi baru dibuat dengan mempertimbangkan aspek kekuatan dan kelemahan perusahaan apakah sudah dapat menghadapi ancaman dari luar dan bagaimana peluang yang ada diluar dapat dimanfaatkan oleh perusahaan dengan kekuatan yang ada saat ini.

Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara terhadap manajemen perusahaan yang berkompeten untuk mendapatkan data primer kemudian dibandingkan dengan data laporan tahunan dan berita dari luar perusahaan. Data dikelompokkan dan dianalisis dengan kerangka kerja internal ekternal faktor, SWOT analisis, sampai matrik SPACE untuk mendapatkan aspek apa saja yang berpengaruh terhadap kinerja. Kerangka kerja analisis juga menghasilkan rekomendasi kepada perusahaan, yang dapat dijadikan dasar acuan perusahaan untuk menyusun ulang strategi yang lebih kuat.

Hasil analisis memberikan gambaran bahwa Wikaikon  menurut analisis internal eksternal ada diposisi pertahankan dan tingkatkan, matrik SPACE merekomendasikan Wikaikon siap untuk bersaing. Kapabilitas kuat, kemampuan tinggi tetapi tidak banyak pelanggan yang mengetahuinya sehingga perlu pemasaran kepada pelanggan terutama melalui konsultan desain, dan pengembang swasta untuk mempromosikan kemampuan tersebut. Menghadapi pasar yang semakin sedikit akibat situasi politik yang masih menunggu stabil, fokus pemasaran lebih kearah konsultan desain. Wikaikon  juga perlu fokus memperkuat likuiditas dengan menjaga arus kas pembayaran ke pemasok tepat waktu ini.

 

Kata Kunci : Investasi, Pandemi, Kinerja, Strategi.


 

Every company can be said to grow and develop when it can maintain profits and sales. In 2019, PT WIKA INDUSTRI KONSTRUKSI as a subsidiary of PT WIKA (Persero) has taken corporate actions in order to accelerate the company's growth, by acquiring factories and establishing new factories to increase production capacity and at the same time migrate to automation-based production, with the main target become the top 3 players in construction steel in Indonesia. It has only been one year since investing in companies affected by the Covid-19 pandemic which has massively affected company performance. As a company that already has high competence to compete in the market, the Company needs to do everything it can to survive in the midst of this tempest.

Entering the recovery period after the pandemic, the economy should have started to improve but disturbances occurred again, namely the Russia-Ukraine war which affected world supply chains. So the company needs to rearrange the right strategy to face the future. Review needs to be done by looking back at the aspects that affect current performance to get the company's internal conditions and the latest external industrial environment situation.

The new strategy is made by considering aspects of the company's strengths and weaknesses, whether it can face external threats and how opportunities that exist outside can be exploited by the company with its current strengths.

The study used a qualitative descriptive method by conducting interviews with competent company management to obtain primary data and then compared it with annual report data and news from outside the company. The data is grouped and analyzed with the internal external factor framework, SWOT analysis, to the SPACE matrix to get what aspects influence performance. The analytical framework also generates recommendations to the company, which can be used as a basis for the company to reconstruct a stronger strategy.

The results of the analysis provide an illustration that according to the internal external analysis, Wikaikon is in a position to maintain and improve, the SPACE matrix recommends that Wikaikon be ready to compete. Strong capability, high capability but not many customers know about it, so it needs marketing to customers, especially through design consultants and private developers to promote these capabilities. Facing a shrinking market due to the political situation that is still waiting for stability, the marketing focus is more towards design consultants. Wikaikon also needs to focus on strengthening liquidity by maintaining the cash flow of timely payments to suppliers.

 


Kata Kunci : Investment , Pandemic , Performance, Strategy,

  1. S2-2023-471064-abstract.pdf  
  2. S2-2023-471064-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-471064-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-471064-title.pdf