FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN DAN KINERJA DALAM PENGGUNAAN BLENDED LEARNING (STUDI PADA MAHASISWA PRAKTIKUM AKUNTANSI PROGRAM STUDI AKUNTANSI UNIVERSITAS GADJAH MADA)
Ahmad Fikri Alamin, Dr. Sony Warsono, MAFIS
2023 | Tesis | S2 Ilmu Akuntansi
Penelitian
ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dan
kinerja blended learning yaitu content interaction,
instructor-learner interaction, learner-learner interaction, dan biaya dan
akses internet. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik
penyebaran data menggunakan survei berupa penyebaran kuesioner dan disebar
melalui google form. Penelitian ini melibatkan 191 partisipan yang
merupakan mahasiswa S1 akuntansi yang mengambil mata kuliah praktikum
akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa content interaction yang
tinggi dapat meningkatkan kerpuasan dan kinerja dalam blended learning. Hasil
penelitian juga menunjukkan instructor-learner interaction mendukung kepuasan
namun tidak pada kinerja dalam blended learning Hasil penelitian juga
menunjukkan learner-learner interaction tidak mendukung kepuasan, namun
mendukung kinerja dalam blended learning. Namun, tidak terdapat dukungan
antara biaya dan akses internet pada kepuasan dan kinerja dalam blended
learning. Hasil penelitian memberikan dukungan kepuasan terhadap kinerja
dalam blended learning yaitu menunjukkan bahwa kepuasan menjadi faktor
penting dalam mengukur kualitas belajar mengajar di perguruan tingggi.
This
study aims to examine the factors that influence satisfaction and performance
of blended learning, namely content interaction, instructor-learner
interaction, learner-learner interaction, and cost and internet access. This
research is a quantitative research with data distribution technique using
survey in the form of questionnaire distribution and distributed through google
form. This study involved 191 participants who were undergraduate accounting
students taking accounting practicum courses. The results showed that high
content interaction can improve satisfaction and performance in blended
learning. The results also show instructor-learner interaction supports
satisfaction but not performance in blended learning. The results also show
learner-learner interaction does not support satisfaction, but supports
performance in blended learning. However, there is no support between cost and
internet access on satisfaction and performance in blended learning. The
results provide support for satisfaction on performance in blended learning,
which shows that satisfaction is an important factor in measuring the quality
of teaching and learning in higher education.
Kata Kunci : interaksi, blended learning, internet, teori jarak transaksional