Laporkan Masalah

Analisis Pengaruh Risiko pada Niat Berkunjung Kembali dengan Citra Destinasi sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Pengunjung Wisata Adventure Jeep)

Dewantika Furita Sari, Yulia Arisnani Widyaningsih, M.B.A., Ph.D.,

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Wisata Jeep menjadi daya tarik tersendiri dari wisatawan. Sayangnya Wisata Jeep ini masih kurang memperhatikan aspek keselamatan sehingga banyak risiko yang muncul. Dari banyaknya risiko yang ada akan membuat wisatawan terpengaruh terhadap keinginan berkunjung kembali atau tidak. Ketika terdapat citra destinasi yang positif maka akan meningkatkan daya saing sehingga wisatawan mau berkunjung meskipun ada risiko yang bisa ditimbulkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu akan melihat apakah ada pengaruh dari risiko yang dirasakan serta peran variabel citra destinasi antara risiko yang dirasakan dan niat mengunjungi kembali wisatawan di Wisata Jeep.

Penelitian ini menggunakan metode survei untuk mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 214 responden yang pernah berwisata Jeep. Penelitian ini menggunakan SEM-PLS dengan alat bantu aplikasi WARPPLS 7.0. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa risiko kinerja berpengaruh negatif pada meningkatnya niat kunjungan kembali wisatawan (tidak terdukung). Selain pengaruh persepsi risiko kinerja, pengaruh persepsi risiko yang lain (fisik, keuangan, dan sosio-psikologis) berpengaruh negatif pada niat kunjungan kembali wisatawan di Wisata Jeep. Kemudian ketika menggunakan citra destinasi sebagai variabel mediasi diperoleh hasil bahwa, citra destinasi memediasi seluruh risiko yang ada, dari kinerja, fisik, keuangan, dan sosiopsikologis terhadap niat kunjungan kembali wisatawan di Wisata Jeep.

Jeep tourism is the main attraction of tourists. Unfortunately, this Jeep Tour still does not pay attention to safety aspects so that many risks arise. Of the many risks that exist will make tourists affected by the desire to visit again or not. When there is a positive image of the destination, it will increase competitiveness so that tourists want to visit even though there are risks that can be caused. The purpose of this study is to see whether there is an influence of perceived risk and the role of destination image variables between perceived risk and the intention to revisit tourists in Jeep Tourism.

This study used a survey method to collect data using questionnaires. Sampling is carried out by non-probability methods. The sample in this study amounted to 214 respondents who had travelled Jeep. This research uses SEM-PLS with the WARP PLS 7.0 application tool. Based on the results of the study, it was found that performance risk has a negative effect on increasing the intention of returning tourists (unsupported). In addition to the influence of performance risk perception, the influence of other risk perceptions (physical, financial, and socio-psychological) negatively affects the intention of returning tourists to Jeep Tours. Then when using destination image as a mediating variable, it was found that, destination image mediates all existing risks, from performance, physical, financial, and sociopsychological to the intention of returning tourists in Jeep Tourism.

Kata Kunci : persepsi risiko, citra destinasi, niat berkunjung kembali

  1. S2-2023-490092-abstract.pdf  
  2. S2-2023-490092-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-490092-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-490092-title.pdf