Analisis Pengaruh Risiko pada Niat Berkunjung Kembali dengan Citra Destinasi sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Pengunjung Wisata Adventure Jeep)
Dewantika Furita Sari, Yulia Arisnani Widyaningsih, M.B.A., Ph.D.,
2023 | Tesis | S2 Manajemen
Wisata
Jeep menjadi daya tarik tersendiri dari wisatawan. Sayangnya Wisata Jeep ini
masih kurang memperhatikan aspek keselamatan sehingga banyak risiko yang
muncul. Dari banyaknya risiko yang ada akan membuat wisatawan terpengaruh
terhadap keinginan berkunjung kembali atau tidak. Ketika terdapat citra
destinasi yang positif maka akan meningkatkan daya saing sehingga wisatawan mau
berkunjung meskipun ada risiko yang bisa ditimbulkan. Tujuan dari penelitian
ini yaitu akan melihat apakah ada pengaruh dari risiko yang dirasakan serta
peran variabel citra destinasi antara risiko yang dirasakan dan niat
mengunjungi kembali wisatawan di Wisata Jeep.
Penelitian
ini menggunakan metode survei untuk mengumpulkan data dengan menggunakan
kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 214 responden yang pernah berwisata Jeep.
Penelitian ini menggunakan SEM-PLS dengan alat bantu aplikasi WARPPLS 7.0. Berdasarkan
hasil penelitian ditemukan bahwa risiko kinerja berpengaruh negatif pada
meningkatnya niat kunjungan kembali wisatawan (tidak terdukung). Selain
pengaruh persepsi risiko kinerja, pengaruh persepsi risiko yang lain (fisik,
keuangan, dan sosio-psikologis) berpengaruh negatif pada niat kunjungan kembali
wisatawan di Wisata Jeep. Kemudian ketika menggunakan citra destinasi sebagai
variabel mediasi diperoleh hasil bahwa, citra destinasi memediasi seluruh
risiko yang ada, dari kinerja, fisik, keuangan, dan sosiopsikologis terhadap
niat kunjungan kembali wisatawan di Wisata Jeep.
Jeep
tourism is the main attraction of tourists. Unfortunately, this Jeep Tour still
does not pay attention to safety aspects so that many risks arise. Of the many
risks that exist will make tourists affected by the desire to visit again or
not. When there is a positive image of the destination, it will increase
competitiveness so that tourists want to visit even though there are risks that
can be caused. The purpose of this study is to see whether
there is an influence of perceived risk and the role of destination image
variables between perceived risk and the intention to revisit tourists in Jeep
Tourism.
This
study used a survey method to collect data using questionnaires. Sampling is
carried out by non-probability methods. The sample in this study amounted to
214 respondents who had travelled Jeep. This research uses SEM-PLS with the
WARP PLS 7.0 application tool. Based on the results of the study, it was found
that performance risk has a negative effect on increasing the intention of
returning tourists (unsupported). In addition to the influence of performance
risk perception, the influence of other risk perceptions (physical, financial,
and socio-psychological) negatively affects the intention of returning tourists
to Jeep Tours. Then when using destination image as a
mediating variable, it was found that, destination image mediates all existing
risks, from performance, physical, financial, and sociopsychological to the
intention of returning tourists in Jeep Tourism.
Kata Kunci : persepsi risiko, citra destinasi, niat berkunjung kembali