Laporkan Masalah

Rencana Pemasaran Happy Lemon

Fauzia Amanda Putri, Sari Winahjoe Siswomihardjo, Dr., M.B.A.,

2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Industri makanan dan minuman akan selalu berkembang karena menjadi kebutuhan

pokok manusia serta populasi masyarakat Indonesia yang terus bertambah. Industri

makanan dan minuman di Indonesia akan mengalami pertumbuhan 5 sampai 7 persen

sampai akhir 2023. Selain itu masyarakat Indonesia juga banyak yang tertarik untuk

membuka bisnis waralaba, salah satunya minuman kekinian seperti boba, teh, kopi dan

lainnya. Melihat adanya peluang dalam industri minuman kekinian membuat Happy

Lemon masuk ke pasar Indonesia. Perusahaan ini sudah masuk tahun ke 4, namun

masih banyak sasaran pasarnya yang belum mengetahui keberadaan mereknya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi pemasaran saat ini dan

mengembangkan rencana pemasaran Happy Lemon untuk meningkatkan kesadaran

konsumen. Penelitian ini akan menggunakan sistem deskriptif kualitatif. Sumber data

akan dilakukan melalui data primer dan data sekunder. Data primer melalui wawancara

sedangkan data sekunder bisa didapatkan melalui buku, majalah, surat kabar dan

lainnya.

Penelitian ini menggunakan analisis SWOT yaitu Matriks Strategi Besar di mana

analisis faktor internal dan eksternal (IFE dan EFE) untuk menentukan strategi yang

tepat bagi Happy Lemon. Happy Lemon berada di Kuadran II artinya perusahaan dalam

pertumbuhan pasar yang pesat namun posisi persaingan yang lemah. Happy Lemon

dapat menggunakan strategi penetrasi pasar, pengembangan produk dan pasar untuk

meningkatkan kesadaran merek, jumlah konsumen dan konsumsi pelanggan.

Peneliti membuat rekomendasi strategi dan taktik pemasaran menggunakan

komunikasi bauran pemasaran. Komunikasi bauran pemasaran yang digunakan di

antaranya adalah iklan, promosi penjualan, sponsor acara, pemasaran online dan media

sosial serta penjualan secara langsung.

Food and beverage industry will always develop because it is a basic human need,

besides that Indonesian population are still growing. Food and beverage industry in

Indonesia will experience growth of 5 to 7 percent until the end of 2023. Apart from

that, many Indonesian people are also interested in opening franchise businesses, like

contemporary drinks for example boba, tea, coffee, and others. Seeing an opportunity

in the contemporary drinks industry made Happy Lemon enter the Indonesian market.

This company has entered its 4th year, but there are still many target markets who do

not know the existence of the brand.

The purpose of this research is to evaluate the current marketing strategy and

develop a Happy Lemon marketing plan to increase consumer awareness. This

research will use a qualitative descriptive method. Source of data will be taken through

primary data and secondary data. Primary data through interviews while secondary

data can be obtained through books, magazines, newspapers, and others.

This research uses SWOT analysis which is Grand Strategy Matrix where internal

and external factors (IFE and EFE) are analyzed to determine the right strategy for

Happy Lemon. Happy Lemon is in Quadrant II, meaning the company is in a fast

market growth but has a weak competitive position. Happy Lemon can use market

penetration, product development and market strategies to increase brand awareness,

number of consumers and customer consumption.

Researchers make recommendations for marketing strategies and tactics using

marketing mix communications. The marketing mix communications used include

advertising, sales promotion, event sponsorship, online marketing, and social media as

well as direct sales.

Kata Kunci : Marketing Plan, Contemporary Drink, Happy Lemon

  1. S2-2023-484870-abstract.pdf  
  2. S2-2023-484870-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-484870-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-484870-title.pdf