Rencana Pemasaran Happy Lemon
Fauzia Amanda Putri, Sari Winahjoe Siswomihardjo, Dr., M.B.A.,
2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Industri makanan dan minuman akan selalu berkembang karena menjadi kebutuhan
pokok manusia serta populasi masyarakat Indonesia yang terus bertambah. Industri
makanan dan minuman di Indonesia akan mengalami pertumbuhan 5 sampai 7 persen
sampai akhir 2023. Selain itu masyarakat Indonesia juga banyak yang tertarik untuk
membuka bisnis waralaba, salah satunya minuman kekinian seperti boba, teh, kopi dan
lainnya. Melihat adanya peluang dalam industri minuman kekinian membuat Happy
Lemon masuk ke pasar Indonesia. Perusahaan ini sudah masuk tahun ke 4, namun
masih banyak sasaran pasarnya yang belum mengetahui keberadaan mereknya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi pemasaran saat ini dan
mengembangkan rencana pemasaran Happy Lemon untuk meningkatkan kesadaran
konsumen. Penelitian ini akan menggunakan sistem deskriptif kualitatif. Sumber data
akan dilakukan melalui data primer dan data sekunder. Data primer melalui wawancara
sedangkan data sekunder bisa didapatkan melalui buku, majalah, surat kabar dan
lainnya.
Penelitian ini menggunakan analisis SWOT yaitu Matriks Strategi Besar di mana
analisis faktor internal dan eksternal (IFE dan EFE) untuk menentukan strategi yang
tepat bagi Happy Lemon. Happy Lemon berada di Kuadran II artinya perusahaan dalam
pertumbuhan pasar yang pesat namun posisi persaingan yang lemah. Happy Lemon
dapat menggunakan strategi penetrasi pasar, pengembangan produk dan pasar untuk
meningkatkan kesadaran merek, jumlah konsumen dan konsumsi pelanggan.
Peneliti membuat rekomendasi strategi dan taktik pemasaran menggunakan
komunikasi bauran pemasaran. Komunikasi bauran pemasaran yang digunakan di
antaranya adalah iklan, promosi penjualan, sponsor acara, pemasaran online dan media
sosial serta penjualan secara langsung.
Food and beverage industry will always develop because it is a basic human need,
besides that Indonesian population are still growing. Food and beverage industry in
Indonesia will experience growth of 5 to 7 percent until the end of 2023. Apart from
that, many Indonesian people are also interested in opening franchise businesses, like
contemporary drinks for example boba, tea, coffee, and others. Seeing an opportunity
in the contemporary drinks industry made Happy Lemon enter the Indonesian market.
This company has entered its 4th year, but there are still many target markets who do
not know the existence of the brand.
The purpose of this research is to evaluate the current marketing strategy and
develop a Happy Lemon marketing plan to increase consumer awareness. This
research will use a qualitative descriptive method. Source of data will be taken through
primary data and secondary data. Primary data through interviews while secondary
data can be obtained through books, magazines, newspapers, and others.
This research uses SWOT analysis which is Grand Strategy Matrix where internal
and external factors (IFE and EFE) are analyzed to determine the right strategy for
Happy Lemon. Happy Lemon is in Quadrant II, meaning the company is in a fast
market growth but has a weak competitive position. Happy Lemon can use market
penetration, product development and market strategies to increase brand awareness,
number of consumers and customer consumption.
Researchers make recommendations for marketing strategies and tactics using
marketing mix communications. The marketing mix communications used include
advertising, sales promotion, event sponsorship, online marketing, and social media as
well as direct sales.
Kata Kunci : Marketing Plan, Contemporary Drink, Happy Lemon