PERAN PENGAWASAN OMBUDSMAN RI PERWAKILAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENANGANI LAPORAN MALADMINISTRASI PELAYANAN PUBLIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KOTA YOGYAKARTA
Kaniadyah Rachmawati, Dwi Haryati, SH., MH.
2023 | Skripsi | ILMU HUKUM
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pengawasan oleh Ombudsman RI
Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam menyelesaikan laporan
maladministrasi pelayanan publik di RSUD Kota Yogyakarta dalam kurun waktu 5
tahun terakhir, menganalisis kendala yang dihadapi oleh Ombudsman RI
Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta, dan untuk mengetahui upaya
Ombudsman RI Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam menangani
kendala yang timbul dalam penanganan laporan maladministrasi di RSUD Kota
Yogyakarta.
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah normatif
empiris dengan sifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian
kepustakaan untuk memperoleh data sekunder dan penelitian lapangan untuk
memperoleh data primer. Hasil penelitian kepustakaan dan lapangan kemudian
dianalisis dan dioleh secara kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, peran pengawasan Ombudsman
RI Perwakilan D.I Yogyakarta dalam menindaklanjuti laporan maladministrasi di
RSUD Kota Yogyakarta menghasilkan rekomendasi yang berhasil dilaksanakan
pada temuan kasus pertama. Dalam kasus kedua dan ketiga, ORI DIY tidak dapat
berperan dengan maksimal dikarenakan Pelapor yang tidak memenuhi persyaratan
administratif. Kedua, dalam proses menindaklanjuti laporan maladministrasi,
Ombudsman RI Perwakilan D.I Yogyakarta menemukan kendala pada saat
menangani laporan maladministrasi yang terjadi di RSUD Kota Yogyakarta yaitu
proses penyelesaian yang lama, sumber daya manusia yang terbatas, dan
terbatasnya anggaran Ombudsman. Ketiga, upaya yang dilakukan Ombudsman RI
Perwakilan D.I Yogyakarta dalam mengatasi kendala-kendala yang terjadi adalah
dengan menerapkan peraturan tentang jangka waktu penyelesaian laporan,
menambah keasistenan di Ombudsman perwakilan, relokasi anggaran, dan
memaksimalkan sosialisasi melalui kanal digital.
This study aims to analyze the supervisory role of Ombudsman of the Republic of
Indonesia for the Special Region of Yogyakarta in completing reports of
maladministration of public services at the Yogyakarta Regional Public Hospital,
to analyze the obstacles faced by the Ombudsman of the Republic of Indonesia for
the Special Region of Yogyakarta, and to find out the efforts of the Ombudsman of
the Republic of Indonesia for the Special Region of Yogyakarta in dealing with
obstacles that arise in the handling of reports of maladministration at the
Yogyakarta Regional Public Hospital.
The research method used in writing this law is empirical normative with a
descriptive nature. This research was conducted by library research to obtain
secondary data and field research to obtain primary data. The results of library
and field research were then analyzed and processed qualitatively.
The results of this study indicate that First, the supervisory role of the Indonesian
Ombudsman Representative of D.I Yogyakarta in following up on
maladministration reports at the Yogyakarta Regional Public Hospital resulted in
recommendations that were successfully implemented in the first case findings. In
the second and third cases, ORI DIY could not play its role optimally because the
reporter did not meet the administrative requirements. Second, in the process of
following up on maladministration reports, the Indonesian Ombudsman
Representative D.I Yogyakarta found obstacles when handling reports of
maladministration that occurred at the Yogyakarta Regional Public Hospital,
namely the long completion process, limited human resources, and the limited
Ombudsman budget. Third, the efforts made by the Indonesian Ombudsman
Representative D.I Yogyakarta in overcoming the obstacles that occur are by
implementing regulations regarding the time frame for completing reports, adding
assistantship at the representative Ombudsman, budget relocation, and maximizing
socialization through digital channels.
Kata Kunci : Pengawasan, Ombudsman, Maladministrasi, Rumah Sakit/Supervision, Ombudsman, Maladministration, Hospital