Laporkan Masalah

PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PERSEPSIAN PADA PERILAKU HIJAU KARYAWAN HOTEL DENGAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI: STUDI PADA HOTEL SANTIKA PREMIERE YOGYAKARTA

Retno Wulandari, C. Budi Santoso, Dr., M.Bus.

2023 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

Permasalahan lingkungan telah menjadi perhatian bagi para pelaku usaha. Hal ini dikarenakan permasalahan lingkungan memiliki dampak secara berkelanjutan sehingga perlu ditanggulangi. Selain itu, investor juga lebih melirik perusahaan yang memperhatikan lingkungan. Untuk menanggapi hal tersebut, kegiatan CSR merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan. Kegiatan CSR tidak hanya berdampak pada lingkungan, investor, dan konsumen, namun juga berdampak pada karyawan. Persepsi positif karyawan terkait kegiatan CSR dapat menjadi salah satu faktor yang mendorong perilaku hijau karyawan.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh CSR persepsian pada perilaku hijau karyawan dengan kesejahteraan karyawan sebagai variabel pemediasi. Penelitian ini dilakukan pada 86 karyawan Hotel Santika Premiere Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik sampling jenuh/sensus. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner berisi item-item pernyataan yang diukur dengan skala Likert lima poin. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Strustural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software SamrtPLS 3.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR persepsian terdukung signifikan berpengaruh positif pada perilaku hijau karyawan hotel. Selain itu, ditemukan juga bahwa kesejahteraan karyawan terbukti memediasi sebagian (partial mediation) pengaruh positif CSR persepsian pada perilaku hijau karyawan hotel.

Environmental issues have become a significant concern for many businesspeople. This is because environmental issues have a continuous effect that demands immediate action. Furthermore, the investor tends to be more interested in the company that pays more attention to solving these issues. CSR activity is one of the efforts that the company can do. CSR activity not only affects the environment, investors, and consumers but can also affect the employees. An employee's positive perspective towards CSR activity could be one of the factors in accomplishing the employee's green behavior.
This research is quantitative research that analyzes the effect of CSR perception on the employee's green behavior with the employee's welfare as a mediating variable. This research is conducted on 86 employees of Hotel Santika Premiere Yogyakarta. The sampling process is carried out sensus technique. The data collection process is conducted by distributing a questionnaire containing statement items that are being measured by a five-point Likert scale. The data that has been obtained is analyzed using Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) with the SmartPLS 3.0 software.
This research shows that perceived CSR positively affects hotel employee's green behavior. Moreover, it is also found that employee welfare is proven to create a partial mediation of perceived CSR positive effect on the green behavior of hotel employees.

Kata Kunci : Perilaku Hijau Karyawan, CSR Persepsian, Kesejahteraan Karyawan

  1. S1-2023-423481-abstract.pdf  
  2. S1-2023-423481-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-423481-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-423481-title.pdf