PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PERSEPSIAN PADA PERILAKU HIJAU KARYAWAN HOTEL DENGAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI: STUDI PADA HOTEL SANTIKA PREMIERE YOGYAKARTA
Retno Wulandari, C. Budi Santoso, Dr., M.Bus.
2023 | Skripsi | S1 MANAJEMEN
Permasalahan lingkungan telah menjadi perhatian bagi para pelaku usaha. Hal ini dikarenakan permasalahan lingkungan memiliki dampak secara berkelanjutan sehingga perlu ditanggulangi. Selain itu, investor juga lebih melirik perusahaan yang memperhatikan lingkungan. Untuk menanggapi hal tersebut, kegiatan CSR merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan. Kegiatan CSR tidak hanya berdampak pada lingkungan, investor, dan konsumen, namun juga berdampak pada karyawan. Persepsi positif karyawan terkait kegiatan CSR dapat menjadi salah satu faktor yang mendorong perilaku hijau karyawan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh CSR persepsian pada perilaku hijau karyawan dengan kesejahteraan karyawan sebagai variabel pemediasi. Penelitian ini dilakukan pada 86 karyawan Hotel Santika Premiere Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik sampling jenuh/sensus. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner berisi item-item pernyataan yang diukur dengan skala Likert lima poin. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Strustural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software SamrtPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR persepsian terdukung signifikan berpengaruh positif pada perilaku hijau karyawan hotel. Selain itu, ditemukan juga bahwa kesejahteraan karyawan terbukti memediasi sebagian (partial mediation) pengaruh positif CSR persepsian pada perilaku hijau karyawan hotel.
Kata Kunci : Perilaku Hijau Karyawan, CSR Persepsian, Kesejahteraan Karyawan